Harga Indukan Murai Batu Juara dan Ekor Panjang Yang Siap Ternak

Artikel terkait : Harga Indukan Murai Batu Juara dan Ekor Panjang Yang Siap Ternak

Harga Indukan Murai Batu Betina dan jantan yang bagus bisa menghasilkan anakan yang berpotensi juara. Indukan ini memiliki beberapa ciri yang harus diketahui sebelum membelinya dengan harga mahal. Budidaya Murai Batu atau MB kini tidak sebatas hobi. Hasil ternak yang diperoleh dan kegiatan jual beli yang dilakukan terbukti mampu menjadi sumber mata pencaharian. Apalagi harga Murai Batu yang ada di pasaran juga tergolong menggiurkan. Sehingga jika mampu menghasilkan anakan yang berkualitas dan memiliki prospek untuk menjadi juara lomba, maka keuntungan besar bisa diperoleh. Tetapi sebelum itu, kita harus terlebih dulu memiliki indukan yang bagus. Indukan ini bisa dibeli dengan harga yang pantas.

Harga indukan MB yang diperkirakan bisa menghasilkan juara tentu tidaklah murah. Karena itu kita harus mengerti benar ciri-ciri indukan yang berkualitas bagus. Apalagi untuk indukan betina. Hal ini disebabkan 80% kualitas anakan Murai Batu jantan akan ditentukan oleh indukan betinanya. Jika indukan betinanya semakin bagus, maka anakannya juga akan sangat bagus. Sedangkan indukan jantan lebih banyak mempengaruhi anakan betina, atau cucu jantannya kelak. Indukan betina yang bagus tersebut bisa diketahui melalui beberapa ciri yang dimiliki.

Ciri Indukan Betina Murai Batu Yang Bagus

Ilustrasi murai batu sepasang sumber gambar tokopedia
Suara burung MB betina memang lebih pelan dan monoton dibandingkan dengan jantannya. Tetapi dasar suara yang dimiliki anakan Murai Batu jantan 75% -nya diperoleh dari warisan induk betina. Untuk volume suara, pengaruh indukan betina bisa mencapai 80%. Sedangkan untuk nada maupun irama yang alami sebelum pemasteran, pengaruh induk betina ini sebesar 90%. Sebenarnya suara induk betina yang bisa menghasilkan anakan juara adalah yang gacor, keras, tinggi dan iramanya merdu. Tetapi betina seperti itu tentunya sulit ditemukan dan harganya pun sangat mahal.

Indukan betina yang bagus umumnya yang berasal dari Medan ataupun Aceh. Jika dilihat dari ciri fisiknya, betina tersebut sebaiknya memiliki paruh yang panjang dan seimbang. Bentuknya hampir menyerupai beras. Badan yang tegap dengan kaki yang panjang menjadi ciri betina indukan berkualitas. Akan lebih baik lagi jika kaki-kaki itu memiliki warna hitam ataupun merah. Untuk ekor, sebaiknya burung indukan memiliki ekor yang panjang, minimal 14 cm. Ekor ini harus lurus tegak dengan posisi selalu ngeplay. Trekeknya sebaiknya tajam serta berganda.

Kepala indukan betina harus terlihat nonong. Matanya belok dan terlihat berbinar. Bentuknya bulat besar, dengan pandangan yang tajam. Bulu yang dimiliki burung ini harus bersih, rapi dan tidak kusam. Bulu-bulu tersebut juga harus terlihat mengkilat. Kondisi fisik calon indukan ini harus dipastikan benar-benar sehat. Gerakannya mesti gesit, lincah dan selalu aktif. Burung betina yang agresif tentu akan menghasilkan anakan yang memiliki mental bagus. Indukan ini juga tidak boleh memiliki cacat apapun, baik itu dari segi fisik maupun mental.

Burung MB betina yang sudah siap menjadi indukan adalah yang sudah berumur 1 tahun atau lebih. Pada umur yang sudah matang ini, betina mampu menghasilkan telur-telur yang sempurna. Banyak peternak yang mulai menangkarkan betina pada usia 9 bulan. Tetapi hasil yang diperoleh tidak begitu bagus, karena telur yang dihasilkan ukurannya lebih kecil dan kurang steril. Selain kematangan umur, indukan yang bagus adalah yang sudah jinak pada manusia. Dengan demikian perawatannya menjadi lebih mudah dan resiko mengalami stress lebih kecil.


Harga Indukan Burung Murai Batu

Indukan MB yang sudah siap ternak umumnya dijual sepasang. Karena itu kita juga harus memperhatikan kualitas dari jantannya. Akan lebih baik lagi jika pasangan MB tersebut pernah menghasilkan telur, sehingga kualitas keduanya lebih jelas diketahui. Dari segi harga sendiri, sepasang indukan ini memang memiliki harga yang relatif mahal dan cukup berfariatif. banyak hal yeng mempengaruhi harga burung murai yang bisa anda baca di artikel ini. Dan berikut kisaran harga indukan murai batu yang siap ternak :

NoKeteranganKisaran Harga
1Sepasang Murai Panjang Ekor 20cm anRp 9.000.000 s/d Rp 10.000.000
2Sepasang Murai Panjang Ekor 25cm anRp 10.000.000 s/d Rp 25.000.000
3Sepasang Murai Panjang ekor < 20cmRp 6.000.000 s/d Rp 9.500.000
4Sepasang Murai Juara / PrestasiRp 10.000.000 s/d Tak Terhingga

Penting Tentang Harga Indukan Murai

  • Harga Bisa berubah sewaktu-waktu
  • Harga terakhir di perbarui 8 maret 2017
  • Harga yang anda temui bisa lebih rendah / lebih tinggi dari harga di atas
  • Harga di atas merupakan harga sepasang murai yang pernah produk
  • Harga Murai Batu lain bisa anda baca disini ; Harga Murai Batu lengkap.
Walaupun harga indukan MB lumayan mahal, tetapi jika kualitasnya bagus tentu akan bisa menghasilkan anakan-anakan yang juga berkualitas tinggi. Seorang pecinta MB tentu mampu melihat apakah anakan-anakan tersebut berpotensi menjadi juara sebuah lomba ataukah tidak. Jika memang memiliki potensi, maka anakan itu bisa dijual dengan harga yang cukup menggiurkan. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan untuk membeli indukanpun bisa tertutupi, bahkan bisa diperoleh keuntungan yang jauh lebih besar.

Artikel Harga Ternak dan Suara Burung Murai Super Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2015 Harga Ternak dan Suara Burung Murai Super Sponsored By Hobiburung.org and Burungkenari.com