Harga Burung Murai Batu Borneo Lengkap Tahun 2017

Artikel terkait : Harga Burung Murai Batu Borneo Lengkap Tahun 2017

Murai Borneo menjadi salah satu jenis burung berkicau yang banyak dipelihara. salah satu alasan kenapa burung ini cukup banyak di pelihara adalah karena harga yang dimilikinya. Secara garis besar harga murai batu borneo ini memang agak lebih murah jika di bandingkan dengan jenis murai lain. Akan tetapi walaupun demikian Suaranya yang tidak kalah dengan burung mura jenis lain dan bisa menirukan suara burung lain dinilai sangat menarik. Di pasar burung ataupun secara online kita bisa dengan mudah menemukan penawaran burung tersebut. Tetapi sebelum mulai memutuskan untuk membeli, ada baiknya jika kita mengetahui kualitas burung MB Borneo yang bagus dan kisaran harganya untuk tahun 2017 ini.

Kisaran Harga Burung Murai Batu Borneo 


Perlu anda ketahui Burung Murai Borneo merupakan jenis MB yang berasal dari Kalimantan. Banyak bakalan MB yang dijual merupakan tangkapan dari hutan. MB dewasa juga banyak dijual, dan umumnya burung ini sudah mampu berkicau yang bagus juga akan tetapi ketika sedang berkicau / bertemu burung sejenisnya murai borneo akan mengembungkan badannya . Sebelum membeli MB Borneo, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan di antaranya :

Perhatikan Mata Burung Murai Tesebut
Saat akan membeli MB Borneo atau Kalimantan, sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi matanya. Perhatikan apakah pada bola matanya terdapat selaput yang berwarna putih atau tidak. Karena jika ada, berarti burung tersebut akan segera menderita katarak. Padahal jika burung mengalami katarak, maka resiko mengalami kebutaan sangatlah tinggi. Jadi belilah burung yang matanya terlihat cerah tanpa adanya selaput.

Amati Bagian Ekor Burung Murai Batu
Pada umumnya murai borneo memiliki ekor yang terdiri dari 2 warna hitam dan putih, dan biasanya murai borneo memiliki 4 pasang ekor berwarna putih polos tidak seperti murai aceh yang memiliki motif w / u / v. Ekor MB Borneo yang baik adalah yang rapat tetapi tidak begitu tebal. Ekor seperti ini akan membuat burung semakin terlihat indah. Selain itu, MB juga akan senang memainkan ekor tersebut ketika ditrek. Sedangkan ekor burung yang harus dihindari adalah yang bentuknya menggunting atau bercabang. Selain itu jangan membeli burung yang tidak mempunyai ekor.

Lihat Kaki Pada Murai Batu yang akan di beli
Bagian kaki menjadi pertanda kondisi mental dari seekor Murai. Kaki yang bagus dan layak dipilih adalah kaki dengan warna hitam. Burung dengan kaki seperti itu akan memiliki mental yang berani. Jangan memilih burung yang warna kuku kelingkingnya tidak sama. Misalnya satu berwarna hitam dan lainnya berwarna putih. Kuku seperti ini menjadi pertanda kalau burung tersebut memiliki mental yang labil.

Perkirakan Usia Burung Murai Batu Tersebut
Perhatikan dengan baik usia MB yang akan dibeli. Caranya adalah dengan membuka mulutnya lalu memperhatikan rongga mulut tersebut. MB yang masih muda akan memiliki rongga mulut berwarna putih dan sedikit cerah. Jika warna rongga tersebut warnanya hitam, berarti burung sudah berusia tua. Warna hitam yang semakin pekat menandakan usianya juga semakin tua
.
Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, kita bisa membeli MB Borneo yang kualitas dan mentalnya bagus. Akan lebih baik lagi jika MB tersebut memiliki dada dengan warna bulu yang cenderung kekuningan. Walaupun dada dengan warna cokelat tidak menjadi masalah, tetapi warna kekuningan menandakan bahwa burung tersebut akan cepat berbunyi serta cepat jadi.

Kisaran Harga Burung MB Borneo

Setelah mengetahui ciri-ciri MB Borneo yang layak dibeli, kini saatnya kita mengetahui berapa kisaran harga dari burung tersebut. Pedagang tentu menjual burung dengan harga yang umum dipasaran. Tetapi jika kita mengetahui kualitas dari burung yang akan dibeli, kita bisa mengetahui apakah harga tersebut murah ataukah mahal. Yang perlu menjadi catatan adalah, harga sangkar juga terkadang mempengaruhi. Hal ini dikarenakan MB Borneo umumnya dijual full set dengan sangkarnya dan berikut informasi harga burung murai Borneo :

NoKondisi Murai BorneoKisaran Harga
1Murai Borneo Jadi / GacorRp 1.000.000 s/d Rp 1.700.000
2Murai Borneo Muda HutanRp 500.000 s/d Rp 650.000
3Trotol Murai BorneoRp 400.000 s/d Rp 450.000
4Murai Borneo BetinaRp 600.000 s/d Rp 750.000

Jika yang dijual adalah burung muda, maka kisaran harga yang biasanya ditawarkan adalah 600ribu hingga 1juta rupiah. Saat membeli burung ini perlu diperhatikan kesehatannya dan juga kondisinya, apakah cacat atau tidak. Jika yang dijual adalah burung yang sudah jadi, umumnya pedagang menunjukkan kelebihan burung tersebut sebagai burung yang sudah nggacor. Isian burung juga menentukan harganya, karena burung yang isiannya sudah banyak tentu lebih disukai. Harga burung yang sudah jadi tersebut berkisar antara 1,3juta hingga diatas 1.7 juta rupiah. Beda cerita lagi kalau yang di jual adalah burung murai batu yang sudah prestasi yang dimana harganya tergantung keiklasan penjual dan kemapuan beli si calon pembeli baca 7 faktor yang mempengaruhi harga murai batu yang sudah saya tulis disini.

Jika kita membeli burung secara online, akan sangat penting untuk melakukan pemeriksaan burung secara langsung sebelum membeli. Karena ada burung yang awalnya nggacor tetapi karena stress atau kondisi perawatan menjadi tidak nggacor lagi. Sedangkan burung yang sudah pernah menjadi juara sebuah pertandingan umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal. Burung seperti ini tentu sudah terbukti mental dan kualitas kicauannya.

Source : 
Harga murai borneo, murai kalimantan, ciri murai kalimantan, harga murai kalimantan bakalan, jual murai borneo gacor, murai kalimantan beina, murai batu gembung, Murai Kalimatan muda hitan, daftar harga murai

Artikel Harga Ternak dan Suara Burung Murai Super Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2015 Harga Ternak dan Suara Burung Murai Super Sponsored By Hobiburung.org and Burungkenari.com