Panduan Memilih Anakan Murai yang Bagus Untuk Bahan Lomba

Artikel terkait :

Burung Murai adalah salah satu jenis burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan. Alasannya tentu saja karena suara kicauannya yang merdu serta geraknya yang lincah.

Bagi peminat atau penghobi burung, memelihara Murai merupakan suatu kewajiban, namun kendalanya adalah minimnya pengetahuan penghobi Murai pemula mengenai anakan yang berkualitas, sehingga seringkali terjadi blunder ketika melakukan transaksi pembelian anakan Murai.

Memang perlu ketelitian dan pengalaman yang cukup sebagai pemerhati burung khususnya jenis Murai untuk menandai anakan Murai yang berkualitas dan bisa diandalkan untuk menjadi juara dalam lomba, karena sekali salah memilih, maka akan sia-sia pemeliharaan dan perawatan Anda selama ini.

Ciri Anakan Murai yang Bagus untuk Bahan Lomba


Bagi para pecinta Murai pemula tidak perlu berkecil hati, pada kesempatan ini, secara khusus kami akan membahas cara memilih anakan Murai yang berkualitas istimewa dan dapat dijadikan bakal calon juara pada perlombaan burung.
Pertimbangan dalam memilih Trotolan / Anakan Murai Yang Baik
Secara detail kami akan menyampaikan ciri-ciri fisik maupun suara yang menandakan bahwa anakan Murai tersebut adalah bibit unggulan. Langsung saja mari kita bahas satu per satu.

Terdengar dari Suaranya
Suara atau kretekan anakan Murai yang berkualitas akan terdengar keras dan saling menyambung atau istilahnya berkicau tanpa jeda.

Suara khas kicauan Murai trek… trek… trek… “ akan semakin berkembang apabila Anda merawat burung tersebut dengan baik dan memberi pakan yang berkualitas.

Sebagai tambahan informasi, suara kretekan atau kicauan Murai akan terdengar apabila burung tersebut merasa ada yang mencurigakan pada lingkungan sekitarnya.

Bentuk Kepala
Kebanyakan yang sering dijumpai pada burung Murai, bentuk kepalanya akan terlihat sedikit membulat. Hal ini ternyata menandakan kualitas kicauan Murai.

Diketahui bahwa bentuk kepala anakan burung Murai yang gepeng cenderung memiliki kualitas suara yang lebih baik dari pada burung Murai berkepala bulat. Pada beberapa lomba, kepala yang agak gepeng justru akan menambah nilai untuk penampilan Murai tersebut.

Bentuk Paruh
Bentuk paruh juga akan berpengaruh pada kicauan yang dihasilkan. Semakin panjang dan tidak terlalu tebal bentuk paruhnya, maka semakin berkualitas pula kicauannya. Burung Murai dengan bentuk paruh istimewa seperti ini akan memproduksi suara yang tajam, keras, serta merdu didengar.

Bentuk Leher
Bentuk leher yang jenjang atau panjang pada tampilan fisik burung Murai akan meyokong sang burung untuk berkicau lebih panjang.

Di samping itu, keunggulan yang dimiliki burung Murai dengan leher panjang adalah tampilannya yang terlihat lebih gagah dan mempesona para juri lomba.

Ukuran dan Bentuk Badan
Ciri lain dari anakan Murai yang berkualitas dapat dilihat dari tampilan fisiknya yang gagah, berbadan besar dan panjang, ketika semakin dewasa perubahan tubuhnya tentu akan semakin terlihat.

Dengan disokong bentuk tubuh yang “atletis” dan kicauan merdunya, maka Murai milik Anda dapat menjadi langganan juara pada setiap lomba yang diikutinya.

Bentuk Ekor
Ekor yang panjang dan rapi pada burung Murai anakan menandakan bahwa burung tersebut terawat dengan baik dan tidak pernah mengalami trauma.

Seperti yang kita ketahui bersama, burung yang mengalami trauma akan kesulitan untuk berkicau dan kurang agresif dalam gerakannya terlebih jika berada di tempat keramaian. Hal ini tentu akan membuat burung Murai Anda jauh dari lirikan juri perlombaan.

Demikianlah bahasan mengenai cara memilih anakan Murai bahan lomba yang bisa Anda pakai sebagai acuan apabila Anda ingin membeli dan memelihara Murai sejak anakan.

Selain faktor atau ciri yang telah kami sebutkan di atas, apabila Anda menginginkan Murai juara, tentu sangat penting dalam memperhatikan perawatan, pemberian pakan yang berkualitas dan sesuai untuk burung kicauan, serta seringnya burung dilatih baik dengan diikutkan lomba atau dilatih menggunakan trik rekaman kicauan burung Murai yang lain.

Semoga artikel ini berkenan dan dapat menjadi sumber referensi Anda dalam memilih anakan Murai berkualitas untuk bahan lomba. Selamat menekuni hobi memelihara burung, sukses selalu untuk para pembaca.

Artikel Murai Super Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Murai Super Sponsored By Hobiburung.org and Burungkenari.com