TIps Perawatan Murai Ekor Panjang dan Hal-hal yang Harus di Hindari

Artikel terkait :

Bagi para penggemar burung Murai, panjang pendeknya ekor sangat berpengaruh untuk menentukan keelokan dan keindahan Murai.

Semakin panjang dan menjuntai ekor sang burung, semakin terlihat tampilan yang gagah dan diidamkan para penghobi burung Murai.

Gerakan ekor yang anggun akan semakin menarik jika disandingkan dengan suara kicauannya yang khas dan merdu.

Ekor Murai dapat menjadi primadona sekaligus titik kelemahan pada tampilan burung. Jika Anda dapat merawat ekor Murai, maka hasil yang akan Anda dapatkan tentu sebanding dengan segala usaha yang telah Anda lakukan. Namun jika tidak mampu merawat ekor Murai, Anda harus bersiap menghadapi dampak buruknya seperti burung menjadi stress, hingga mengakibatkan bulu pada ekor tumbuh semakin pendek dari sebelumnya.

Untuk itulah pada kesempatan ini kami akan berbagi ilmu mengenai perawatan Murai ekor panjang yang baik dan benar, sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan burung yang prima tanpa harus melakukan kesalahan yang berakibat fatal. Selamat menyimak.

Tips Perawatan Murai ekor panjang


Gambar murai ekor panjang (sumber)

Hindari mencabut bulu ekor secara tidak sengaja. Murai ekor panjang dikenal sebagai burung yang sensitive sehingga rentan mengalami stress jika terjadi kesalahan pada pencabutan bulu ekor.

Mencabut bulu ekor sebelum waktunya justeru akan membuat tampilan ekor lebih pendek dari sebelumnya bahkan pertumbuhan bulu baru cenderung keriting. Pastinya hal tersebut akan membuat tampilan ekor Murai semakin buruk.
Beragam Kendala Perawatan Anakan Murai dan Solusinya
Mencabut bulu ekor Murai saat tidur juga tidak dianjurkan. Alih-alih menghindarkan burung dari stress, tindakan tersebut juga berdampak pada pertumbuhan bulu ekor baru yang cenderung lebih pendek dari awal dan keriting.

Berkaca pada beberapa pengalaman, ekor Murai akan tumbuh panjang secara alami jika dibiarkan bulu ekornya tercabut secara normal alias ketika burung Murai mengalami proses “ngurak”. Kesabaran dalam menanti burung yang sedang “ngurak” adalah kunci sukses keberhasilan dalam perawatan Murai ekor panjang.

Kesimpulannya adalah, jangan anggap remeh perawatan pada ekor Murai dan mencoba bereksperimen dengan mencabut bulu ekor Murai baik itu secara tidak sengaja seperti terjadi kecelakaan (misalnya pada ekor burung yang terjepit pintu), maupun jika dicabut dengan sengaja. Lebih baik bersabar dan tunggu sampai burung Murai menyelesaikan proses “ngurak” hingga tuntas dan menghasilkan ekor panjang yang indah serta alami, menjadikannya idaman para pecinta Murai.

Disamping itu, patut diketahui bahwa keindahan ekor panjang Murai tidak akan bertahan lama jika tidak mendapat perawatan yang baik, ekor akan mudah patah, muncul garis stress, atau bahkan tumbuh bercabang.

Banyak kasus serupa telah terjadi dan mengakibatkan kekecewaan pemilik burung Murai ekor panjang. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa trik berikut ini untuk menjaga ekor Murai tetap panjang dan indah.

Mempertahankan panjang ekor Murai

Berikan asupan atau nutrisi tambahan utamanya protein sebagai pembentuk bulu baru pada saat burung Murai mengalami masa “ngurak”. Dengan pemberian nutrisi seimbang, diharapkan panjang ekor Murai bisa bertahan bahkan semakin bertambah.

Tempatkan kandang burung Murai di lokasi yang tenang serta nyaman selama proses “ngurak”. Burung Murai dikenal tidak menyukai kegaduhan yang sering memicu stress pada burung.
Tempatkan burung Murai pada sangkar yang besar agar leluasa bergerak, serta ekor Murai yang panjang menjuntai tidak tergores atau bergesekan dengan sangkar.

Dengan melaksanakan semua tips yang telah kami sampaikan diatas, serta pemenuhan nutrisi yang dibutukan oleh burung Murai, tentu dampaknya akan segera terlihat pada pertumbuhan ekor yang optimal serta anggun dipandang.
Sebagai tambahan informasi, burung Murai dengan ekor yang lebih panjang dan mulus memiliki harga jual yang lebih mahal dibanding dengan Murai berekor pendek. Tentu jika Anda sudah ahli dalam menangani Murai ekor panjang, ini akan menjadi lahan bisnis baru yang menguntungkan bagi Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai perawatan Murai ekor panjang yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga artikel ini berkenan dan memberi sumber pengetahuan baru untuk Anda dalam merawat Murai ekor panjang. Salam sukses..

Artikel Murai Super Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Murai Super Sponsored By Hobiburung.org and Burungkenari.com