Cara Membedakan Beo Jantan dan Betina Akurat

Untuk membedakan beo jantan dan betina akurat butuh pengamatan yang lama. Apalagi Beo hasil tangkapan alam yang masih bayi, betapa sulitnya membedakan mereka. Bahkan hingga Beo sudah berusia kanak-kanak, banyak para pemiliknya yang masih kesulitan mengetahui jenis kelaminnya.

New Project

Burung Beo di alam masih cukup banyak ditemukan di hutan-hutan Kalimantan. Seperti Murai Borneo, biasanya oleh para penduduk lokal diambilin untuk dipelihara. Namun untuk menangkapnya cukup sulit karena tidak semua pohon berlubang ada Beonya.

Ya, salah salah satu trik berburu memang dengan melihat lubang-lubang di pohon. Tapi sih sebaiknya jangan diburu ya, sob! Soalnya bisa-bisa di masa depan Beo punah karena ditangkapin terus.

Tapi ada pengecualian nih, misalnya kalian nemu Beonya di area perusahaan kayu logging. Di mana pohonnya lagi ditebangin, boleh banget kalau misalnya kamu ambil aja burungnya. Soalnya banyak kejadian juga yang gini.

Perbedaan Burung Beo Jantan dan Betina

gambar beo jantan
gambar beo jantan

Bagaimana caranya membedakan burung Beo jantan dan betina akurat? Ternyata untuk melakukannya agak sulit, loh! Kamu mesti benar-benar jeli memperhatikan ciri fisik dan karakteristiknya.

Berikut adalah tanda-tanda burung Beo jantan yang khas dan memudahkan dalam analisis jenis kelamin:

  • Tidak seperti burung pada umumnya, ternyata Beo jantan punya tubuh lebih besar daripada betinanya
  • Beo jantan memiliki kloaka yang menonjol, daripada Beo betina yang cenderung rata
  • Suara ocehan dan kicau burung Beo jantan lebih banyak dan keras, daripada betinanya
  • Warna jengger Beo betina tampak lebih kuning muda, daripada Beo jantan yang kuning terang
  • Jika berdiri, postur tubuh Beo jantan lebih bungkuk daripada yang betina
  • Suara Beo jantan lebih ngebass atau terkesan besar, daripada betinanya yang cempreng
  • Beo jantan lebih rentan kabur dari kandang, daripada yang betina. Disarankan membuat kandang Beo dari besi, jangan kayu! Agar tidak dipatukin dan kabur burungnya. Kejadian ini juga menandakan bahwa tenaga Beo jantan lebih besar daripada betinanya.

Kebiasaan kabur pada burung Beo semakin sering terjadi seiring pertumbuhan usianya. Maka kandang Beo juga mesti diperbesar tiap kali ukuran tubuhnya bertambah. Kalau perlu malah dibuatkan kandang umbaran, mirip di kebun binatang.

Soalnya Beo suka terbang-terbang juga di dalam kandangnya. Kalau kandangnya kecil, nanti bulunya bisa rontok karena suka nabrak-nabrak dinding kandang. Tenggeran harus dibuat sekuat mungkin agar tidak goyang dan rapuh.

Tips Melatih Beo Agar Bisa Bicara Seperti Manusia

Cara membedakan beo jantan dan betina akurat bisa lebih mudah kalau kalian juga paham banget soal suara burung Gracula ini. Gosip mengatakan kalau Beo jantan punya kecerdasan verbal lebih baik daripada betina. Di mana Beo jantan pandai sekali menirukan suara manusia.

Sobat sekalian pasti paham, kan? Kalau burung Beo itu bisa dilatih agar bisa ngomong. Beberapa patah kata seperti “Assalamu’alaikum” atau “selamat pagi” bisa banget diajarkan. Tapi gimana sih caranya?

Simak aja yuk poin-poin penting dalam pelatihan Beo berikut ini:

  • Latihlah sejak Beo masih piyik (balita), kalau bisa malah pas baru menetas atau masih berbentuk telur diajak ngomong aja
  • Beri nama Beonya. Burung cerdas ini akan memahami siapa namanya. Jangan sampai salah beri nama, makanya harus sudah lebih dulu membedakan Beo jantan dan betina akurat. Biar pas ngasih nama selaras dengan jenis kelamin.
  • Melatih Beo harus dengan cara komunikasi yang aktif
  • Komunikasi tidak harus mengulangi kata-kata sama berkali-kali atau terkesan memaksakan
  • Inti dari pelatihan Beo adalah mengajaknya bicara dari hati ke hati. Jika trainernya tulus, niscaya Beo akan membeo atau mengikuti suara sang trainer
  • Mendekatkan kandang Beo dengan kandang burung lainnya, misalnya Cucak Ijo
  • Watak burung Beo itu supel dan fighter, dia akan senang bila ditemani burung lain. Pasti akan ikut berkicau. Tapi kalau mau dilatih suara manusia, berarti harus sering diajak ngomong sama pemiliknya
  • Ajaklah Beo mengenal spesies hewan lain, misalnya anjing atau ayam. Ini akan sangat membantu mereka menirukan suara anjing dan ayam juga
  • Biasakan untuk mengajarkan Beo nama-nama dari hewan lain. Misalnya sobat punya burung bernama Ramos, maka sering aja gosipin Ramos di hadapan Beo. Pasti Beo lama-lama bisa sebut nama Ramos dan mulai merasa menjadi teman si Ramos juga
  • Meskipun banyak literatur mengatakan Beo ngomong bahasa manusia, tanpa memahami maknanya. Itu salah. Menurut Muraisuper.com, Beo juga punya perasaan dan naluri
  • Beo akan menirukan suara yang tidak diajarkan, tapi intensif dia dengar berulang kali. Misalnya dia kerap mendengar suara bakul tahu bulat lewat. Maka dia akan niruin itu suara bakulnya. Bahkan dia bisa nirukan suara pintu diketok, ngomong gitu “tok…tok…tok”. (Red: Ini berdasarkan pada pengalaman admin melatih Beo dari piyik).

Kalian mungkin akan kaget, kalau mendengar Beo ngomong. Tidak sekadar menirukan kata-kata saja. Beo benar-benar jenius karena bisa copas warna suara dari trainernya.

Kalau yang ngajarin Beo adalah si Ariel Noah, niscaya suara Ariel, karakternya bakal ditiru habis-habisan. Ini sih memang kocak banget. Tapi inilah seninya memelihara burung Beo.

Jadi Beo itu mirip manusia. Mirip anak balita. Mereka banyak belajar dari auditori yang diajarkan secara tidak langsung.

Kalau disuruh belajar ngomong malah sulit! Tapi kalau tekniknya dengan menghipnotis alam bawah sadarnya dengan afirmasi suara berulang-ulang yang nggak disengaja, malah efektif.

Jadi kalau misalnya lagi ngasih makan, diajak ngobrol aja Beonya. Si trainer bisa diam-diam ngajarin kata-kata dengan intonasi sejelas-jelasnya. Bahkan diajarin ketawa juga bisa banget.

Uniknya, Beo jantan memang lebih mudah diajarin ngomong. Mereka bisa fasih dan nyebelin banget ngocehnya, daripada yang betina.

Nyebelinnya karena kata apa aja dia ocehin. Makanya melatih suara Beo juga bisa menjadi langkah membedakan beo jantan betina akurat.

Video Membedakan Beo Jantan dan Betina Akurat

Untuk memudahkan teman-teman dalam membedakan jenis kelamin Beo. Mending langsung tonton aja yuk video keren berikut ini:

YouTube video

Setelah tahu jenis kelaminnya, jika sobat punya Beo di rumah, coba dianalisis segera. Kalau udah tahu kan enak, jadi bisa Mak Comblangin sama Beo punya tetangga.

Siapa tau mereka mau kawin. Lumayan dong kalau sampai bisa bertelur dan ternak Beo. Jadinya kita nggak perlu mengandalkan hasil tangkapan alam kalau mau pelihara.