Beragam Solusi untuk Murai Batu yang Kurang Gacor

Beragam solusi untuk murai batu yang kurang gacor – Kebanyakan kicau maniak pasti juga menyukai murai batu. Hal ini karena murai batu memiliki suara yang merdu dan nyaring. Meskipun begitu, tidak semua murai batu memiliki suara yang sama, ada yang suka bunyi, ada juga yang malas bunyi atau sedikit loyo.

Makanya itu, kebanyakan pecinta burung ini selalu pilih-pilih sebelum membeli. Mereka akan membeli burung yang memiliki performa tinggi dan kalau bisa yang sudah gacor sekalian. Bahkan mereka juga rela membayar mahal untuk mendapatkan kualitas unggul dari jenis burung murai batu.

Tapi, tahukah sobat semuanya, meskipun sobat membeli murai batu yang sudah gacor, tetapi sewaktu-waktu kegacorannya bisa menurun. Hal ini bisa dikarenakan lingkungan, makanan, atau perlakuan sehari-hari.

Oleh karena itu, sebelum kami membagikan bagaimana solusi untuk meningkatkan suara murai batu yang kurang gacor, sebaiknya sobat ketahui karakteristik dari si murai batu.

Karakter Murai Batu

Murai batu adalah jenis burung yang bertipe fighter. Mereka sangat agresif dan berlaku sangat ketat terhadap daerah teritorialnya. Dia tidak suka apabila burung lain memasuki wilayahnya. Oleh karena itu, sobat harus tahu paham dulu bagaimana sifat dari si murai batu dan berikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Berbeda burung, maka cara merawatnya juga berbeda. Dan apabila perawatannya tidak sesuai, hal ini akan berpengaruh mental si murai batu, yang akibatnya akan mempengaruhi suaranya.

  Penghasilan Fantastis dari Ternak Murai Batu, Tembus 25 Juta

Tips Mengembalikan Si Murai Batu yang Kurang Gacor

Murai Kurang Gacor
sumber : Jan Harteman

Nah, berikut ini beberapa yang bisa sobat lakukan apabila merasa si murai baru mengalami penurunan performa:

  • Dimulai dari kebiasaan yang perlu dilakukan sehari-hari. Keluarkan si murai batu setiap hari di pagi hari. Dengan suasana pagi yang berembun dianggap dapat merangsang si burung untuk berbunyi.
  • Mandikan burung setiap hari. Selain untuk menstabilkan birahinya, memandikan burung secara rutin juga dapat membuat burung lebih segar. Sobat pasti tidak mau kalau si murai batu terlihat tidak terawat.
  • Nah, seperti yang disinggung sebelumnya, si murai batu memang tidak suka kalau ada burung lain yang menganggu wilayahnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin sobat menjauhkan kandang si murai batu dari burung lainnya. Karena kalau tidak, mental si murai batu bisa terganggu dan membuatnya susah bunyi.
  • Sobat juga perlu memperhatikan makanan si murai batu. Kalau dirasa penyebab melemahnya performa si murai karena makanan, coba untuk berikan makanan ekstra. Sobat bisa memberikan kroto atau jangkrik dengan porsi yang lebih banyak. Kalau setelah mendapat makanan ekstra si murai jadi lebih sering bunyi, maka itu menandakan porsi makanan sudah tepat. Dan untuk seterusnya, berikan porsi yang sama untuk si murai.
  • Kalau makanan ekstra dirasa belum cukup, sobat bisa mencoba makanan lain untuk meningkatkan kegacoran si murai, misalnya dengan belalang hijau, cacing, kepompong, atau bisa juga telur rebus.
  • Upaya terakhir ini kalau semua cara sudah dicoba, tetapi tidak ada hasilnya. Banyak kicau maniak yang mengatakan bahwa pemberian suplemen bisa menambah kegacoran si burung. Sobat bisa memberikan suplemen TestoBird untuk memperbaiki hormon dan metabolisme si murai batu.
  Perbedaan Antara Murai Batu Galak Dan Murai Batu Birahi

Bagaimana, apakah sobat sudah paham tips-tips di atas? Silakan dicoba dan dipraktikan, kemudian sobat bisa bagikan bagaimana hasilnya di kolom komentar.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk menangani masalah murai batu yang kurang gacor adalah dengan mengetahui dulu penyebabnya. Apalagi kalau aslinya si murai sudah memiliki performa yang baik, pasti ada penyebab lain yang mempengaruhi sehingga kualitasnya menurun. Oleh karena itu, sobat kenali dulu sifat si burung, perhatikan kebiasaannya, lalu sesuaikan perawatannya dengan kebutuhannya.