Cara Membedakan Blackthroat Jantan dan Betina Akurat

Sebelum membedakan Blackthroat jantan dan betina akurat. Mari kenali dulu spesies burung ini. Mendengar nama Blackthroat, mayoritas dari kita akan sangat kagum pada keunikan namanya. Seolah-olah dia adalah burung hitam legendaris dengan suara yang gacor.

New Project

Tapi lupakan dulu soal nama yang terkesan luar biasa ini karena sebetulnya Blackthroat ini adalah jenis burung Kenari. Nama binominalnya yaitu Crithagra atrogularis. Ia memiliki beberapa sinonim nama atau julukan, yaitu:

  • Black-throated Canary
  • Black-throated Seedeater
  • Kenari Leher Hitam
  • Serinus Otrogularis

Banyak orang yang salah sangka menyangka spesies Otrogularis ini sebagai burung Edel Sanger karena perawakannya yang mirip. Padahal antara Sanger dengan Blackthroat itu beda sekali pada bulunya. Di mana bulu burung Sanger itu warna abu-abu dan hitam keruh semua. Sedangkan Blackthroat ada putihnya dengan leher hitam.

Tapi maklum saja bila banyak yang menganggap burung Viking yang memiliki nama lain Helda Sanger atau Serinus leucopygius ini sama dengan Kenari Blackthroat. Soalnya mereka kan memang kerabat dekat, sama-sama berasal dari genus Serinus, sebelum akhirnya Kenari berleher hitam ini digolongkan ke dalam genus Crithagra.

Perbedaan Blackthroat Jantan dan Betina Akurat

Blackthoat jantan
Blackthoat jantan

Teman-teman yang masih kebingungan saat membedakan Blackthroat jantan dan betina akurat, yuk langsung simak saja indikator-indikator pembedanya ini:

Ukuran dan Postur Tubuh

Secara ukuran dan postur tubuh, Blackthroat jantan kalau berdiri lebih tegak. Perawakannya terkesan macho dengan badan yang ramping rapi terkesan kuat. Sedangkan betina biasanya lebih membungkuk, kecuali kalau memang sedang emosional atau berkicau, akan tampak tegak. Ukuran tubuh betina juga lebih kecil.

Warna dan Corak Bulu

Sama-sama memiliki corak bulu berwarna hitam, kelabu dengan putih. Bedanya ada pada bagian lehernya, di mana Blackthroat jantan warna hitam di lehernya lebih terang, cerah dan pekat. Kalau betinanya warna samar-samar tipis.

Bentuk Paruh

Membedakan Blackthroat jantan dan betina ternyata juga bisa melihat paruhnya. Paruh jantan lebih tebal daripada yang betinanya. Bentuk paruh betina lebih tumpul daripada yang jantan.

Suara Kicau

Sebagai kerabat dekat Kenari, burung Blackthroat memiliki suara kicau yang merdu. Tapi berdasarkan pengamatan selama ini, rupanya suara Blackthroat jantan lebih ngalas dan powerfull, dengan isian variatif. Tidak seperti betinanya yang monoton.

Video Membedakan Blackthroat Jantan dan Betina Akurat

Teman-teman yang sudah biasa merawat burung sejak trotolan pasti mudah sekali saat membedakan Blackthroat jantan dan betina akurat. Tapi kalau yang masih awam soal ini, baiknya langsung nonton video Youtube di bawah ini, yuk!

YouTube video

Memang kebanyakan burung kicau memiliki ciri-ciri fisik yang sama, kalau untuk membedakan jenis kelaminnya. Indikator-indikator yang sama ini disebabkan mayoritas burung itu monomorphic sehingga kalau dilihat sendiri-sendiri maupun dijejerkan jantan dan betinya menjadi sangat mirip.

Teman-teman para pecinta Kenari Leher Hitam bisa banget nih download suara Blackthroat untuk pelatihan kicaunya supaya lebih emosional dan ngeroll panjang. Suara ini juga cocok buat masteran Kenari biar ngeplong.