Cara Memanjangkan Ekor Murai, Terbukti !

Cara memanjangkan ekor Murai, bagaimana caranya, ya? Ada yang udah mencobanya? Jika belum, nanti kami beritahu langkah-langkahnya, ya?

promo

Baiklah, siapa sangka ekor Murai itu memang bisa dimodifikasi supaya menjadi anti rontok! Tapi masalahnya, teman-teman di sini sepertinya belum paham caranya, kan?

Kita nggak mungkin melakukan sebuah teknik alami, seperti menyuruh burung Murainya olahraga biar panjang ekornya. Ini konyol… Jadi gunakan saja teknik yang ilmiah, yaitu dengan memberinya pakan nutrisi yang tepat.

Buat yang sudah malang-melintang lama dalam dunia Murai biasanya memang memiliki kebutuhan akan cara memanjangkan ekor Murai ini. Biasanya untuk tujuan breeding atau ternak. Di mana seringkali terjadi kasus, anakan Murai memiliki ekor terlalu pendek. Padahal indukannya sudah bagus, berekor panjang.

Penyebab Ekor Murai Pendek

burung murai
Sumber : muraisuper.com

Burung Murai dengan ekor panjang menjadi ukuran dan standar penilaian tersendiri dalam kontes kecantikan burung.

Itulah kenapa banyak peternak yang coba menghasilkan anakan Murai berkualitas tinggi, dengan ekor panjang maksimal. Biasanya memang dibutuhkan indukan yang super pula.

Namun terkadang, masih ada beberapa faktor penghambat pertumbuhan bulu ekor Murai. Berikut adalah beberapa penyebab ekor Murai pendek:

  • Kondisi anakan Murai yang lahir tidak sehat, semenjak masih jadi telur hingga menetas
  • Mengalami mabung, yaitu rontoknya bulu sebelum umurnya
  • Pemberian pakan yang tidak tepat, misalnya memberi jangkrik di usia sangat muda (1-3 bulan) yang malah rentan memicu kerontokan bulu ekor
  • Kekurangan protein dan sulfur pada masa pertumbuhan
  • Indukan yang kurang bagus ekornya (tidak panjang)

Cara Memanjangkan Ekor Murai

Sepasang Murai Batu
Sepasang Murai Batu

Bagaimana sebenarnya langkah-langkah memanjangkan ekor burung Murai yang sebaiknya dilakukan? Berikut sudah kami susun beberapa tips yang bisa dicoba.

Pemilihan Indukan Berkualitas

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, begitulah burung pun memiliki ciri fisik yang mengikuti indukannya. Jika kita menginginkan Murai yang bagus, tentu harus mengambil indukan yang bagus pula.

Beberapa jenis burung Murai memiliki ekor yang sangat panjang, lebih dari 20 cm, bahkan bisa menyentuh 35 cm. Maka ini sangat cocok untuk dikawinkan untuk mendapatkan anak yang berkualitas dengan ekor panjang.

Pemberian Pakan yang Tepat

Berilah pakan yang tepat untuk membantu pertumbuhan bulu ekor. Cara memanjangkan ekor Murai yang ini sering diabaikan karena ketidaktahuan.

Janganlah memberi makan kroto, jangkrik, ulat hongkong maupun voor pada saat anakan Murai baru menetas hingga umur 3 bulan. Sebagai gantinya bisa diberi makanan instan (pakan nutrisi) seperti Superfit yang bagus sebagai lolohannya.

Membuat Kandang yang Bagus

Kandang burung juga sangat mempengaruhi kondisi pertumbuhan bulu. Membuat kandang yang bagus tentu akan sangat berdampak pada ekor yang akan lebih indah dan panjang.

Kandang Murai terbagi menjadi dua jenis, seperti kandang kecil biasa yang bisa dicantelkan. Atau justru kandang besar yang permanen maupun semi permanen, sering disebut kandang umbaran.

Rajin Membersihkan Tubuh dan Memandikan

Penting sebagai cara memanjangkan ekor Murai. Tapi sayangnya terkesan sangat tidak berkaitan. Kalau ingin Murainya punya bulu ekor yang bagus, maka sang empunya memang harus rutin membersihkan tubuhnya.

Memandikan burung Murai bisa mencegah penumpukan bulu atau serangan penyakit pada bulu. Sehingga bulu dan ekor tumbuh sehat dan anti rontok.

Bagaimana nih, teman-teman? Sudah siap buat mencoba cara-cara di atas? Pastikan untuk terus mengupdate teknik ini dari melihat pengalaman langsung para breeder maupun pecinta Murai yang sudah sukses ya?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *