Cara Memilih Murai Betina yang Bagus Untuk di Jadikan Indukan

Diposting pada

Memilih murai betina untuk indukan – Burung Murai adalah salah satu burung peliharaan faforit masyarakat Indonesia, kicauannya yang merdu membuat para penghobi burung berlomba-lomba untuk mengoleksi jenis burung yang satu ini.

Nah pada kesempatan ini, kami secara khusus akan membahas mengenai cara memilih Murai betina yang memiliki kualitas terbaik sehingga dapat menghasilkan anakan Murai yang baik pula.

Dalam memilih Murai betina, seringkali kita malah dibuat bingung dengan berbagai ulasan yang beredar di internet, namun jangan kuatir. Berikut ini adalah panduan ringkas dan praktis namun tetap terpercaya yang dapat Anda gunakan sebagai acuan memilih Murai betina, silahkan disimak..

Cara Memilih Murai Betina

Indukan murai betina
Indukan murai betina
Gambar Murai batu betina (sumber : sklbirdfarm.com)
Bukan hanya dalam menentukan pasangan hidup, dalam memilih Murai betina pun kita harus memperhatikan bibit, bebet, serta bobot yang apabila diartikan secara harfiah, yaitu memilih Murai betina bukan hanya dari tampilan luarnya saja, namun juga dari beberapa faktor lainnya.

Sebetulnya akan lebih mudah jika kita memilih Murai betina dari hasil tangkaran dibanding jika kita memilih Murai betina dari hasil tangkapan di hutan yang belum kita ketahui asal usul keturunannya.

Lalu Bagaimana cara mengetahui kualitas Murai betina yang murni berasal dari hutan?

Sederhana saja, tidak ada cara yang lain selain menangkarkannya terlebih dahulu dan melihat bagaimana produkfitasnya, serta yang lebih penting adalah bagaimana hasil peranakan atau bibit Murai yang ditetaskannya.

Gambar murai betina (sumber : daviddesouza)

Jika diketahui selama proses penangkaran tersebut, sang indukan Murai sering membuang-buang telor seperti kebiasaan Murai betina hutan, tentu indukan seperti itu tidak perlu dipakai dalam pembibitan.

Jika kita telah menemukan Murai betina yang menghasilkan anakan berkualitas, maka murai betina yang seperti inilah yang harus kita pakai sebagai indukan atau mesin pencetak Murai yang memiliki kualitas istimewa, baik itu dari segi penampilan, warna bulu, atau pun dari segi suara kicauan.

Sementara itu, berikut ini adalah ciri-ciri umum Murai betina unggulan yang dapat Anda pakai sebagai rujukan:

  • Memiliki produktifitas yang baik
  • Bagus dalam merawat telor serta anakannya
  • Menghasilkan bibit-bibit Murai yang baik
  • Mampu mencetak karakter jantan yang berkualitas

Memang prosesnya akan sedikit rumit dan memerlukan banyak waktu, namun jika sudah handal dalam proses penangkaran ini, maka dijamin Anda akan menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Seperti yang telah diketahui masyarakat umum bahwa harga Murai betina hasil penangkaran lebih mahal dari pada Murai betina yang berasal dari tangkapan hutan, jelas karena perlu pembuktian terlebih dahulu akan kualitas Murai betina tersebut, namun usaha tentu tidak akan menghianati hasil bukan?

Baca juga : Download Suara Murai Betina

Demikian halnya pula dengan cara memilih Murai jantan, yang harus kita lakukan pertama kali adalah memilih Murai jantan dengan katuranggan yang baik terlebih dahulu, kemudian rawat dengan pemberian pakan yang baik serta di latih atau di master dengan betul, sebelum akhirnya diterjunkan ke lapangan atau diuji cobakan dalam berbagai lomba.

Yang membedakan dengan cara penangkaran Murai betina adalah pada tahap pengujiannya yang harus menunjukkan kualitas atau hasil anakannya terlebih dahulu. Jika proses tersebut telah dilewati, tentu Anda tidak akan berspekulasi lagi, sangat mudah, bukan?

Demikianlah cara memilih murai betina dengan baik dan praktis yang dapat Anda praktekkan dalam penangkaran Anda. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Murai betina dan memiliki manfaat bagi peternakan Murai Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *