Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina Akurat

Burung Cendet, Pentet, Toet adalah sekelompok burung predator dari genus Lanius yang populer sebagai burung kicauan di Indonesia. Kurang lebih ada 30 spesies berbeda yang tersebar di seluruh Indonesia. Cara membedakan Cendet jantan dan betina akurat bisa dilakukan dengan melihat berbagai karakteristik dan ciri fisiknya.

promo

Salah satu spesies Cendet ada yang sangat mirip dengan burung Murai Batu, loh! Dengan perawakan berbulu perpaduan hitam dengan oranye. Bedanya ada bagian kepala yang lebih membulat, serta ekornya yang memiliki serat putih.

Di Afrika, spesies burung ini dijuluki Fiscals. Ia suka bertengger di pohon tinggi ataupun kabel saluran listrik dan telekomunikasi. Kebanyakan burung Cendet hidup soliter, artinya ia memilih sendirian sepanjang waktu, kecuali jika sedang musim kawin.

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina Akurat

cendet jantan
cendet jantan

Untuk membedakan Cendet jantan dan betina akurat, sobat Muraisuper.com bisa melihat berbagai poin-poin ciri fisiknya di bawah ini:

Postur Tubuh

Tubuh burung Cendet jantan lebih panjang daripada yang betina. Namun yang betina tampak lebih gendut daripada yang jantan. Sehingga berat badannya pun cukup berimbang.

Warna Bulu

Membedakan burung Cendet jantan dan betina juga bisa dari warna bulunya. Di mana warna bulu Bentet jantan lebih terang. Bagian pipinya tampak lebih cerah warnanya. Sedangkan warna bulu Bentet betina lebih memudar dan kusam.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala Cendet jantan dan betina hampir sama, yaitu membulat. Ini disebabkan karena burung Toet ini pada dasarnya monomorfik sehingga penampilan kepalanya lebih seragam. Tidak seperti pada jenis burung lainnya yang biasanya agak berbeda.

Tulang Supit

Kalau tentang supit urang, tulang ini sama saja dengan burung lainnya. Cara membedakan Cendet jantan dan betina akurat bisa meraba tulang supitnya ini. Di mana betina lebih lembek dan renggang kesannya. Sedangkan jantannya getas dan rapat.

Anus

Jika diperhatikan, burung Cendet jantan memiliki kloaka atau bagian anus yang menonjol. Sedangkan betinanya rata.

Kicau Burung

Dari kicau burung juga bisa menjadi acuan perbedaan jantan dan betinanya. Bentet jantan punya suara lebih gacor daripada yang betinanya.

Video Membedakan Cendet Jantan dan Betina Akurat

Mengamati Cendet Hitam dan Coklat secara dekat dengan tangan jauh lebih baik, daripada sekadar melihatnya dari luar kandang. Perhatikan video berikut ini yang mengajarkan bagaimana menganalisis perbedaan jenis kelamin burung Bentet ini.

YouTube video

Supaya hasil pengamatan lebih valid dan informative, teman-teman juga bisa download suara Cendet jantan maupun betina di sini. Rekaman suara burung Toet ini juga telah dibuat sedemikian rupa sehingga cocok sebagai suara masteran, pancingan maupun isian.

Tinggalkan Balasan