Cara Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Akurat

Ciblek Gunung, Perenjak Gunung, Hill Prinia atau Prinia superciliaris adalah spesies burung liar yang kerap dipelihara sebagai burung kicauan. Burung ini memiliki ukuran tubuh mungil, dari ekor hingga kepala hanya mencapai 16 cm-an. Cara membedakan Ciblek Gunung jantan dan betina akurat agak sulit karena keduanya sangat mirip.

New Project

Sebagai tipe burung monomorphic, antara Ciblek Gunung jantan dan betina sangat sedikit perbedaannya. Namun tetap bisa diamati bahwa ada tanda-tanda yang khas sebagai pembedanya. Misalnya pada bentuk kepala, di mana Ciblek Gunung jantan lebih memanjang dan pipih kepalanya, dibandingkan yang betina membulat.

Prinia Hill memiliki suara yang kecil dan nyaring. Suaranya kerap terdengar mendominasi pada lingkungan dataran tinggi, seperti daerah perbukitan dan pegunungan.

Namun ada pengecualian pada Peranjak Gunung asal Sumatera, mereka banyak ditemukan di daerah dataran rendah juga. Meski untuk menangkapnya sangat sulit karena burung ini suka bersembunyi di semak-semak dan perdu.

Perbedaan CIblek Gunung Jantan dan Betina Akurat

Ciblek gunung jantan
Ciblek gunung jantan

Untuk membedakan Ciblek Gunung jantan dan betina akurat, akan mudah jika sobat memiliki dua jenisnya. Maksudnya, sobat melihat langsung burung Perenjak Gunung ini, di mana yang satu perempuan dan yang satunya lelaki.

Kalau burung kecil ini sendirian memang butuh analisis yang lebih jeli. Berikut adalah beberapa ciri yang ditemukan pada jantan dan betina Prinia:

Bentuk Kepala

Ada yang unik dari bentuk kepala Ciblek Gunung. Di mana betinanya terkesan punya kepala bulat, sedangkan jantannya pipih. Bentuk kepala ini sangat jelas terlihat dari samping.

Sikap Berdiri

Cara membedakan Ciblek Gunung jantan dan betina akurat juga bisa melihat postur tubuhnya. Ketika mereka berdiri, Peranjak Gunung jantan lebih bungkuk, daripada yang betina.

Postur Tubuh

Kalau dilihat-lihat, postur tubuh mereka memang seragam. Tapi secara massa tubuh atau ukuran tubuh, si jantan lebih ramping daripada betina yang gemuk.

Corak Dada

Ada semacam corak di dada Ciblek Gunung jantan, corak ini seperti sapuan warna hitam. Sedangkan betinanya biasanya bersih bagian dada, leher maupun perutnya.

Ukuran Ekor

Ini bisa menjadi salah satu acuan juga dalam membedakan Ciblek Gunung jantan dan betina. Mereka punya panjang ekor berbeda, ekor jantan lebih panjang daripada betinanya.

Video Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Akurat

Nah, gimana nih sob? Udah paham belum sekarang perbedaan antara Peranjak Gunung jantan dengan betina? Kalau masih kurang puas dengan informasi teoritisnya di atas, mending tonton aja video analisis yang dipresentasikan oleh sobat pecinta burung di bawah ini:

YouTube video

Burung Prinia Hills dikenal sebagai salah satu burung yang “research-able”. Maksudnya dia banyak diteliti oleh ilmuwan. Namun juga dikenal sebagai salah satu jenis burung kontes, ia sering diikutkan lomba kicau.

Kalau teman-teman butuh referensi suara burung Prinia ini, silahkan download MP3 Ciblek Gunung di sini saja. Rekaman suara ini bisa digunakan untuk meningkatkan skill bernyanyinya, agar juara saat manggung di kontes.

Tinggalkan Balasan