Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Akurat

Cucak Ijo adalah sejenis burung kicau yang terdiri dari 13 spesies berbeda. Ia memiliki nama binominal Chloropsis sonnerati. Ia sering digolongkan ke dalam burung cucak-cucakkan, bareng Cucak Rowo, Cucak Jenggot dan Cucak Rante. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina akurat cukup mudah dilakukan, tidak seribet burung lain.

New Project

Burung kicau ini juga biasanya disebut Cica Daun atau Murai Daun. Ia masih banyak ditemukan di alam, terutama di pulau Kalimantan. Meskipun habitat aslinya menyebar juga sih di Sumatera dan Filipina juga ada, tergantung dari spesiesnya. Di dunia barat, burung cantik ini dijuluki Leafbird.

Sebetulnya jika melihat pada warna tubuhnya, tidak semua Cucak Ijo pure bulunya warna hijau semua. Ada juga yang sayapnya biru atau tubuhnya ada garis oranye dan kuningnya. Seperti misalnya spesies Chloropsis palawanensis punya leher berwarna kekuningan.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina Akurat

Nah, langsung aja nih sobat. Jika kalian ingin membedakan cucak ijo jantan dan betina akurat. Kalian sebaiknya mengacu pada ciri-ciri di bawah ini:

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan

Nih, kalau burung Cica Daun kalian di rumah begini ciri-cirinya. Berarti dia lelaki, sob:

  • Tengoklah bagian bawah paruh, kalau ada bulu hitamnya yang memanjang, maka dia jantan
  • Tulang sumpit urangnya keras dan rapat jika diraba

Ciri-Ciri Cucak Ijo Betina

Gampang banget buat mengetahui jenis kelamin betina Cucak Daun. Ciri-cirinya cuman begini aja, simak deh:

  • Warna tubuhnya cenderung hijau semua, terutama pada area paruh nggak ada bulu hitamnya
  • Tulang sumpit urangnya lentur dan renggang kalau diraba

Nah, itulah teknik singkat membedakan cucak ijo jantan dan betina akurat. Gampang banget, kan? Tapi mungkin teman-teman akan kesulitan saat membedakan mereka yang masih trotolan alias bayi. Ya, piyikan Cica Daun memang cenderung sama, baik cewek atau cowok ya warna dan bentuknya senada.

Video Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Akurat

Intinya gini guys. Ketika kita memelihara burung tapi nggak tahu jenis kelaminnya. Sama aja kita tutup mata terhadap potensi dan kondisi burung peliharaan. Supaya jadi lebih paham perbedaan jantan dan betina Leafbird, tonton dulu aja deh video di bawah ini:

YouTube video

Keren banget lah pokoknya burung Cucak Ijo ini. Makanya pemiliknya juga mesti rajin belajar. Update ilmu nggak harus teknik menggacorkan suara burung aja. Tapi juga mesti update informasi umum tentang profil dan karakteristik burung kicau begini. Semata-mata biar lebih peduli aja sama hewan kesayangan kita.