Cara Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina Akurat

Cucak Rowo, Cucak Rawa, Cangkurawah, Barau-Barau, Straw-Headed Bulbul atau Pycnonotus zeylanicus adalah spesies burung berwarna coklat-kehijauan-kekuningan seperti lumut, dengan sekat bulu tegas di leher bawah.

New Project

Ia tergolong burung kicau yang populer dan memiliki habitat di daerah rawa-rawa, sesuai namanya. Untuk membedakan cucak rowo jantan dan betina akurat bisa dilakukan dengan melihat karakteristik fisiknya.

Burung Cucak ini memiliki tubuh yang agak gempal, dengan panjang kisaran 28 cm. Apa yang menarik dari tubuh Cucak Rowo adalah bagian bawah tubuhnya yang menunjukkan pola alur-alur bulu yang nampak berwarna metallic jika tertimpa sinar matahari.

Ia sering menjadi objek fotografi para pecinta burung. Soalnya tubuhnya memberikan kesan fotogenik tersendiri, sama seperti Cucak Jenggot atau Cucak Ijo.

Dengan kondisi laju kerusakan alam yang tak terhenti, seperti pembabatan hutan dan alih fungsi menjadi lahan perkebunan atau pertambangan. Banyak habitat Cucak Rowo telah rusak, apalagi di pulau Jawa, burung ini hampir sudah tidak ada lagi karena memang menemukan rawa saja sudah sulit. Tapi kalau di Kalimantan dan Sumatera, masih bisa dijumpai.

Perbedaaan Cucak Rowo Jantan dan Betina Akurat

cucak rowo jantan
cucak rowo jantan

Berikut adalah cara membedakan cucak rowo jantan dan betina akurat yang bisa teman-teman jadikan indikator pengamatan dan penilaian, apakah si Cangkuwah ini cowok atau cewek:

Tanda-Tanda Cucak Rowo Jantan

Sob, kalau Cucak Rowo punyamu itu laki-laki, ciri-cirinya begini nih:

  • Bertubuh besar, terkesan membuntal
  • Tulang supit urangnya rapat dan keras
  • Jidatnya tampak jenong, dengan bulu dikepala yang lebat dan terkesan belah dua, sangat stylish
  • Warna bulu lebih terang dan cerah
  • Bulu ekornya cukup panjang
  • Warna bulu pada punggung dan sayap adalah kecoklatan, dengan garis garis coretan-coretan putih yang khas
  • Bulu lehernya warna keputihan berpadu dengan warna kelabu silver metallic di bagian bawah tubuhnya

Tanda-Tanda Cucak Rowo Betina

Tapi, kalau Cucak Rawanya perempuan, dia bakalan kayak gini:

  • Tubuhnya lebih kecil daripada jantan
  • Tulang supit udangnya lunak dan renggang
  • Jidatnya nggak terlalu jenong dan kepalanya nggak terlalu memiliki gaya rambut macam jantannya
  • Bulunya punya warna lebih pucat keruh, memberikan kesan samar-samar khas Bulbul banget kalau difoto
  • Bulu pada punggung dan sayapnya sama aja sama si jantan. Hanya saja tanpa coret-coret putih
  • Bulu lehernya tidak kontras dengan bulu perut dan punggungnya, jadi warnanya tidak keputihan tapi selaras

Video Membedakan Cucak Rowo Jantan dan Betina Akurat

Biar sobat makin paham caranya membedakan cucak rowo jantan dan betina akurat, langsung aja yuk tonton video di bawah ini:

YouTube video

Gimana? Mulai sekarang jangan bingung lagi membedakannya karena burung Cucak Rawa ini bahkan bisa dibedakan hanya dari garis-garis putihnya. Tapi kalau melihat burungnya pas lagi sendirian, memang agak sulit sih.