Daftar Harga Cucak Ijo di Pasaran Saat Ini

Cucak Ijo, Murai Daun, Leafbird atau Chloropsis sonnerati merupakan jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Bukan sekadar karena suaranya yang merdu, Cucak Daun dipelihara juga karena warna bulunya yang indah.

New Project

Jika teman-teman di sini sedang mencari harga Cucak Ijo. Alangkah baiknya untuk sedikit berpikir panjang sebelum transaksi jual-beli. Soalnya kini status burung Cucak Ijo sudah resmi dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Harga Cucak Ijo Berbagai Jenis

Harga Cucak Ijo
Harga Cucak Ijo

Namun sebelum peraturan perlindungan satwa burung ini dikeluarkan. Kita bisa memantau harga burung Cucak Ijo, kiranya begini:

Jenis / Kondisi BurungHarga
Cucak Ijo MiniRp 550.000
Cucak Ijo SumatraRp 600.000 – Rp 1,200,000
Cucak Ijo BakalanRp 450.000- Rp 600,000
Cucak Ijo KalimantanRp 500.000 – Rp 900,000
Cucak Ijo BetinaRp 550.000 -Rp 700,000
Cucak Ijo Banyuwangi BakalanRp 900.000 – Rp 1,200,000
Cucak Ijo GacorRp 1.200.000 – Rp 5,000,000

Cucak Ijo Dilindungi, Bagaimana Masa Depan Hidupnya?

Harga Cucak Ijo dipastikan akan semakin meningkat, mengingat Cica Daun atau Murai Hijau ini resmi menjadi spesies burung dilindungi di Indonesia.

Memang telah terbit aturan mengenai perlindungannya pada tahun 2018 kemarin. Jadi kalau mau pelihara burung ini harus punya legalitas surat ijin.

Berikut adalah beberapa opini mengenai Cucak Ijo yang dilindungi:

1. Cucak Ijo Makin Sulit Ditemui

Sebelum adanya peraturan ini, kita bebas saja membeli dan memeliharanya. Namun diperhatikan saja ke depannya, ada kemungkinan makin ke sini Cucak Ijo susah dijumpai.

Tapi inilah justru yang diharapkan dari aturan mengenai perlindungan satwa liar. Bahwa burung langka harus bisa hidup bebas di alam tanpa gangguan manusia.

2. Satwa Liar yang Dilindungi Belum Tentu Bisa Hidup di Alam

Namun ada yang perlu diperhatikan di sini. Tidak semua satwa liar yang dilindungi tetap mampu hidup di habitat aslinya.

Kebanyakan juga tetap terancam punah karena kerusakan alam yang terjadi membuat burung-burung liar kehilangan tempat tinggal dan pangan mereka.

3. Konservasi Burung Cucak Ijo dengan Penangkaran Resmi

Untuk itulah, sebaiknya selain dikeluarkan UU tentang perlindungan satwa, alangkah baiknya juga disertai dengan upaya konservasi burung. Lebih baik juga dibantu reproduksinya, artinya pemerintah mendukung adanya penangkaran-penangkaran resmi Cucak Ijo.

Bukti dukungannya tentu dengan gencar melakukan sosialisasi kepada para pemburu Cucak Ijo di tingkatan grass root. Agar mereka tidak fokus berburu saja, namun juga menangkarkan. Sebab pada dasarnya ketika alam menjadi rusak, maka hanya manusia yang bisa membantu reproduksi burung.

4. Birokrasi dan Perijinan Harus Dipermudah

Pemerintah harus mempermudah ijin birokrasi tentang kepemilikan dan penangkaran satwa Cucak Ijo. Ini akan sangat efektif dalam upaya melestarikan masa depan burung berbulu hijau ini.

Jangan memaksakan diri menebus harga Cucak Ijo di manapun kita membelinya. Sekalipun ingin sekali memiliki burung ini, alangkah baiknya untuk mengurus legalitasnya dulu.

Tentu tidak mau kan berurusan dengan hukum karena melanggar aturan? Tapi kita tetap harus mendukung upaya perlindungan burung langka ini, untuk menghindari kepunahan di masa depan.