Harga Murai Ekor Panjang Tembus Puluhan Juta, Inilah penyebabnya


Hallo sobat burungpedia.com! Apakah sobat penggemar burung murai batu? Atau bahkan sobat merupakan kicau maniak yang suka ikut perlombaan? Wajar memang jika murai batu menjadi favorit bagi pecinta burung. Selain bentuknya yang unik, murai batu juga memiliki kicauan yang merdu. Bahkan murai batu pernah mendapat penghargaan sebagai burung dengan nyanyian terbaik pada tahun 1947.

Berbicara mengenai bentuk murai batu, kita teringat dengan ekor murai batu yang panjang. Rata-rata murai batu memiliki ekor dengan panjang 15 cm sampai 18 cm. Murai batu dengan panjang ekor yang sedang ini juga yang paling sering kita lihat, terutama di perlombaan.

Hal ini karena murai batu dengan ekor sedang dinilai lebih ideal untuk tampil di perlombaan dan memiliki performa yang maksimal. Apabila ekor lebih panjang dari 18 cm, murai batu akan cepat kehilangan tenaga dan stamina. Sebab saat berlomba, murai batu tidak hanya berkicau, tetapi juga menggerak-gerakkan ekornya. Semakin panjang ekornya, maka semakin banyak juga tenaga yang dihabiskan, yang akhirnya ini mempengaruhi suara kicauan murai batu.

Dan berdasarkan pengalaman, jarang sekali ada murai batu ekor panjang yang meraih juara, kebanyakan diraih oleh murai batu ekor sedang. Oleh karena itulah, para kicau mania lebih suka mengeluarkan murai batu dengan ekor sedang.

Mengapa Murai Baru Ekor Panjang Mahal?

Meskipun jarang hadir di perlombaan, bukan berarti murai batu ekor panjang surut peminat. Tampilannya yang cantik dan elegan membuat burung berekor panjang ini banyak diburu oleh para kolektor, terutama pecinta burung dari kalangan menengah ke atas.

  Download MP3 Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang Untuk Masteran Murai

Dan berdasarkan fakta di lapangan, semakin panjang ekor murai batu, maka semakin mahal harganya. Berbeda 1 cm saja, selisih harganya bisa jutaan rupiah. Beberapa jenis murai batu yang memiliki trah ekor panjang diantaranya adalah murai batu medan, murai singapura, murai balak sabang, dan murai thailand.

Harga Murai Batu Ekor Panjang

Coba kita lihat harga murai batu di Indonesia saat ini. Untuk anakan murai batu ekor panjang, harganya berkisar antara 45-50 juta. Sangat menguras kantong, bukan? Dan kalau kita menilik harga murai batu dari negeri seberang, yaitu Singapura, harganya bahkan lebih tinggi, sekitar 57 juta rupiah untuk murai batu dengan ekor di atas 20 cm. Makanya, kebanyakan pembeli murai batu ekor panjang berasal dari kalangan atas.

Rekomendasi Galleri Murai Batu

Nah, ini untuk sobat yang tertarik untuk membeli murai batu ekor panjang. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa gallery populer pembudidaya murai batu, beberapa diantaranya adalah shama splash, amiexis bird farm, dan global fauna farm. Mungkin sobat bisa langsung cek di website masing-masing.

Bagaimana, apakah sobat berani mengocek kantong untuk mendapatkan keindahan burung berekor panjang ini? Dari sini kita bisa melihat alasan mengapa murai batu berekor panjang dibanderol dengan harga yang mahal, yang tidak lain adalah karena kecantikannya, yang tidak semua burung memilikinya.

  Download MP3 Suara Ciblek Untuk Masteran / Memancing Burung Yang Macet