Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Akurat

Jalak Suren , Jalak Uren atau Sturnus contra adalah seekor burung liar yang banyak dijadikan burung kicauan. Ukuran tubuhnya cukup besar dengan panjang kurang lebih 24 cm. Jika ingin membedakan Jalak Suren jantan dan betina bisa melihat dari ciri-ciri fisiknya.

promo

Burung Jalak Suren memiliki habitat yang menyebar, terdapat 3 spesies yang dikenal, antara lain Jalak Suren Jawa, Yunan dan India. Ia tipikal burung yang hidup dalam koloni kecil. Termasuk saat tidur di sarang juga mereka tampak berkelompok.

Sturnus contra tergolong jenis burung omnivora. Tak jarang terlihat mencari makan di tanah bersama-sama koloninya. Makanannya adalah cacing, serangga kecil, telur serangga, biji-bijian maupun buah-buahan yang dirasa cocok dengan selera mereka.

Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Jalak suren jantan
Jalak suren jantan

Bagaimana caranya membedakan Jalak Suren jantan dan betina akurat? Bisa dilihat dari beragam indikator seperti di bawah ini:

Bobot dan Panjang Tubuh

Jalak Suren Jantan bobot tubuhnya lebih berat daripada yang betina. Ini karena ukuran tubuhnya yang besar dan memanjang.

Beda dengan betinanya yang pendek, meski agak gempal. Meski begitu, kondisi ini tidak bisa dijadikan acuan dalam kondisi tertentu. Misalnya burungnya sedang sakit atau hamil.

Bentuk Kepala

Kalau dilihat dari kepala, si jantan bentuk kepalanya lebih pipih memanjang daripada betina. Ukuran kepalanya lebih kecil daripada yang betina.

Namun ini juga akan sangat sulit diamati jika antara Jalak Suren jantan dan betinanya tidak dijejerkan. Maklum saja karena burung ini kan monomorfik.

Warna Bulu

Sebagaimana burung kicau pada umumnya, warna bulu Jalak Suren jantan lebih terang dan cerah daripada yang betina. Dari warna bulu ini bisa menjadi penanda utama dalam membedakan Jalak Suren jantan dan betina.

Kondisi ini sangat mudah ditengarai pada burung yang sudah dewasa umurnya. Jika masih piyik dengan bulu yang gerindil, cenderung sulit ditandai.

Kloaka

Tahukah apa itu kloaka? Jika pada hewan, inilah bagian tubuh yang disebut anus dan lubangnya. Kalau pada tubuh Jalak Suren jantan, kloakanya ini menonjol, daripada yang betina tampak rata.

Kloaka bisa langsung diamati semenjak masih trotolan. Caranya tentu saja dengan langsung memegangnya, tidak hanya mengamati dengan mata.

Tulang Pubis

Nama lain tulang pubis adalah supit urang. Burung jenis apapun, seperti misalnya Cucak Jenggot, Branjangan atau Anis Merah  punya dua tulang pubis yang ada di pinggul kanan dan kirinya.

Cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina bisa melihat kondisi tulang supit urangnya ini. Namun ada fakta menarik, di mana tulang pubis pertumbuhannya juga sangat dipengaruhi oleh hormon.

Burung Jalak Suren betina punya tulang elastis dengan jarak yang lebar. Sedangkan pada jantan tampak rapat. Perbedaan supit urang ini makin tampak jelas saat sedang musim kawin.

Suara Kicau

Kicau Jalak Suren jantan lebih nyaring dan powerfull daripada yang betina. Kegacoran suaranya ini membuat Jalak Suren lebih banyak diikutkan lomba kontes burung daripada yang betina. Namun bukan berarti si betina diam saja, betina Jalak Suren juga bisa berkicau, namun kurang keras dan kurang variatif.

Bentuk Ekor

Pada bulunya, perbedaan Jalak Suren jantan dan betina juga bisa diamati. Kalau diperhatikan, ekor dari jantan Jalak Suren lebih rapi, panjang dan halus. Bulu-bulunya tampak lebih menyatu, daripada yang betina.

Video Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Akurat

Untuk memudahkan dalam menemukan perbedaan Jalan Suren jantan dan betina secara akurat. Sobat juga bisa menonton video penjelasan di bawah ini:

YouTube video

Pengetahuan akan jenis kelamin Jalak Suren akan sangat membantu saat sobat maupun para breeder hendak mengawinkan burung ini. Selain itu juga bisa memudahkan dalam pemasteran suara burung karena akan diketahui mengenai karakter suara Jalak Suren berdasarkan jenis kelaminnya.

Tinggalkan Balasan