Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Akurat

Cara membedakan kacer jantan dan betina akurat agaknya sulit dilakukan oleh mereka yang masih pemula di dunia hobi burung. Terutama pada jenis kacer trotolan atau yang masih piyik dan belum genap pertumbuhan bulu dewasanya. Namun pada burung yang sudah dewasa juga butuh pengamatan yang jeli.

Suara Burung Jos

Burung yang dijuluki Kucica Kampung ini populer sebagai burung aduan kicau. Ia sebagaimana Murai, sering diikutkan kontes. Tapi sudahkah teman-teman tahu kalau burung ini lebih keren dari Murai Batu karena bisa ngobra?

Apa itu ngobra? Ngobra adalah sebuah gaya dan sikap Kacer ketika ia naik podium lomba. Maka ia akan berdiri gagah di tenggerannya, dengan kepala mendongak ke atas seperti sombong. Ekornya mekar selebar-lebarnya seperti kipas dan bulunya sengaja dibuat getar-getar. Gayanya membuat kita teringat sama ular kobra nih, sob!

Tapi sebagai seorang pemula di Kacer, baiknya sobat pelajari dulu dari hal-hal dasarnya. Sebelum mulai lebih jauh untuk mengajari Kacernya bergaya ala kobra sambil nyanyi-nyanyi gacor.

Perbedaan Kacer Jantan dan Betina

Gambar kacer jantan
Gambar kacer jantan

Untuk membedakan kacer jantan dan betina akurat nggak bisa terlalu simple nih, sob. Seperti misalnya hanya dengan ciri fisiknya aja. Soalnya, bagi seorang pecinta kacer juga sebaiknya menganalisis dari faktor-faktor lain, terutama suara kicaunya.

Perbedaan Kacer Jantan dan Betina Trotolan

Berikut adalah kunci untuk membedakan kacer jantan dan betina, jika mereka masih trotolan atau bayi nih, sobat:

  • Kepala trotolan kacer jantan itu flat (mendatar), sedangkan betinanya lebih round (membulat)
  • Paruh trotolan kacer jantan berwarna hitam pekat, sedangkan betinanya berwarna hitam keabu-abuan
  • Warna bulu dada trotolan kacer jantan berwarna hitam tajam, sedangkan betinanya berwarna hitam pudar
  • Postur tubuh trotolan kacer jantan ramping, sedangkan betinanya gempal

Perbedaan Kacer Jantan dan Betina Dewasa

Namun jika mereka sudah dewasa, cara membedakan kacer jantan dan betina juga gampang banget kok, inilah acuannya:

  • Burung kacer jantan dewasa punya warna bulu punggung dan dada yang lebih pekat hitamnya. Sedangkan kacer betina dewasa lebih keruh kelabu
  • Kloaka kacer dewasa bentuknya kecil. Sedangkan kloaka kacer betina dewasa tampak besar
  • Suara burung kacer jantan dewasa lebih sering terdengar, daripada suara kacer betina yang cenderung diam saja

Video Membedakan Kacer Jantan dan Betina

Nah, biar teman-teman Muraisuper.com makin pintar menganalisisnya. Langsung aja yuk tonton video cara menganalisis jenis kelamin burung kacer melalui tayangan video berikut ini.

YouTube video

Tapi kalian nggak mungkin juga sih salah beli burung jantan dan betina. Apalagi kalau belinya di pasar burung. Tapi informasi yang ada di artikel ini hanya sebagai bahan edukasi saja. Siapa tahu suatu hari kalian nemu burung Kacer di alam, kan jadi nggak perlu nanya teman, ini cewek atau cowok burungnya.

Tinggalkan Balasan