Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Akurat

Burung Kenari memiliki panjang tubuh antara 10-12 cm. Umumnya tubuh jantan terkesan lebih ramping dibandingkan betinanya yang gemuk. Dari tubuh ini pulalah, kita bisa membedakan kenari jantan dan betina akurat.

New Project

Kenari , Serinus Canaria atau Atlantic Canary adalah spesies burung kicauan idola para breeder. Ia mampu hidup hingga 10 tahun lamanya jika ditangkarkan dengan baik.

Sedangkan umur hidupnya di alam justru bisa rendah dari itu karena kerusakan alam yang membuat pangan dan habitatnya berkurang.

Jenis-Jenis Burung Kenari

Jenis kenari
Jenis kenari

Jika kita mempelajari tentang spesies-spesies Kenari,  kemungkinan kita akan dibingungkan dengan berbagai istilah penyebutan jenisnya. Seperti misalnya:

  • Kenari American Singer
  • Belgian Fancy Canary
  • Border Fancy Canary
  • Color Bred Canary
  • Crested Canary
  • Fife Fancy Canary
  • Gloster Fancy Canary
  • Lizard Fancy Canary
  • Northern Dutch Frilled Canary
  • Norwich Canary
  • Parisian Frilled Canary
  • Red Factor Canary
  • Roller Canary
  • Spanish Tmbardo Canary
  • Stafford Canary

Itu adalah nama-nama Kenari hasil penangkaran yang sekaligus menjadi kode trademark saat trading kenari ini di pasaran burung. Agak membingungkan memang namanya karena pakai kode-kode begitu.

Ambil contoh satu saja, misalnya Kenari Yorkshire adalah jenis Kenari parental atau indukan yang berasal dari United Kingdom, Inggris. Si Yorkshire ini pulalah yang dijadikan orang tua genetik dari Kenari F1, F2, F3 dan F4.

Panduan Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Setelah tahu berbagai varian burung Kenari dari ras domestik (persilangannya), mari kita sekarang beralih pada bagaimana membedakan kenari jantan dan betina akurat.

Kalian pasti masih suka bingung kan menganalisis jenis kelamin yang cewek sama yang cowok? Nih, langsung aja simak panduannya di bawah ini:

Ukuran Kepala

Kalau dilihat dari kepala, ternyata si betina ukurannya lebih besar daripada jantan. Si jantan seperti lebih oval dan mungil gitu. Sedangkan si betina terkesan membuntal besar. Apa volume otak betina jauh lebih besar kali, ya?

Tulang Belakang

Maksud dari tulang belakang adalah punggungnya tentu saja ya sob. Kalau dilihat-lihat, punggung kenari jantan lebih terang nih, bulunya seperti remang-remang pudar gitu warnanya. Sedangkan si betina tampak sangat pekat warnanya.

Bentuk Kaki

Nah, kalau dari kakinya juga gampang banget buat membedakan kenari jantan dan betina akurat. Soalnya kaki si jantan itu kesannya lebih renggang jaraknya antara kanan dan kiri.

Sedangkan si betina jauh lebih sempit. Kayaknya sih karena si Kenari jantan butuh pijakan jauh lebih kuat, ya? Soalnya dia kan tipe fighter yang mesti survive di alam buat cari makan.

Anus

Tentu saja kalau dari dubur alias anusnya, si kenari jantan itu terkesan menonjol gitu. Sedangkan betinanya rata. Coba aja cek Kenari milikmu, pasti kayak gini ciri-cirinya.

Posisi Mata

Ini panduan khusus buat yang sudah pro banget dalam dunia hobi burung. Soalnya ternyata membedakan kenari jantan dan betina akurat, bisa banget hanya dari posisi matanya.

Si jantan posisi matanya itu kalau lagi melek seperti lurus segaris atau sejajar dengan paruhnya. Sedangkan betina Kenari agak lebih ke atas dari paruh.

Bunyi Kicau

Kalau dari kicaunya, ini lucu banget, sob! Dengar-dengar nih kalau si trotolan Kenari jantan jauh lebih pintar berkicau, daripada trotolan jantan. Makanya selagi Kenari milikmu masih piyik, ajari aja deh dengan suara masteran Kenari.

Postur Tubuh

Ini sudah menjadi takdir alam, kalau burung Kenari jantan punya tubuh lebih langsing dari betinanya. Di mana-mana , burung betina memang agak lebih gempal.

Sepertinya sih karena faktor hormon pertumbuhan, ya? Kenari cewek kan mesti bertelur, makanya dia gendut.

Video Membedakan Kenari Jantan dan Betina Akurat

Agar lebih pandai menganalisis, sebaiknya sobat Muraisuper.com juga menonton video ini juga. Soalnya kalau hanya teoritis aja, sepertinya kurang gaspol nih belajarnya.

YouTube video

Nah, gimana nih sob? Keren banget kan burung Kenari ini? Jangan bingung lagi ya kalau disuruh menganalisis. Pokoknya kalau dalam dunia burung, jenis kelamin betina itu tubuhnya lebih bongsor dan besar, daripada si jantan.

Ini adalah acuan yang sangat gampang, tapi kalau kebetulan kamu melihat Kenari sendirian, tanpa sparring, ya sulit juga sih buat membedakan kenari jantan dan betina akurat. Jadi kamu mesti lihat panduan teoritis dan video di atas.

Tinggalkan Balasan