Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina Akurat

Kutilang, Ketilang, Genthilang, Cangkulireung, Sooty-Headed Bulbul, atau Pycnonotus aurigaster adalah seekor burung kicau dengan status konservasi IUCN risiko rendah (LC). Burung ini sering disebut pula dengan nama Cucak Kutilang. Cara membedakan Kutilang jantan dan rendah bisa dilakukan dengan menganalisis postur, warna dan sikap tubuh.

promo

Burung Kutilang ini memiliki sarang berbentuk pipih seperti cendawan yang terbuat dari rumput kering dan ranting halus. Ia tergolong burung yang bisa mabung atau rontok bulu. Di saat pergantian bulunya ini, ia menghabiskan waktu dengan berdiam diri di sarangnya.

Perbedaan Kutilang Jantan dan Betina

Burung Kutilang jantan dan betina
Burung Kutilang jantan dan betina

Kutilang termasuk burung yang monomorfik, ini membuatnya agak sulit dikenali berdasarkan tubuhnya. Namun tidak berarti sama sekali tanpa tanda-tanda perbedaan. Berikut adalah perbedaan yang bisa kita amati dari jantan dan betinanya:

Ukuran, Bentuk dan Warna Kepala

Membedakan Kutilang jantan dan betina akurat bisa banget dari kepalanya. Kalau secara ukuran, si jantan lebih besar nih daripada betinanya.

Bentuk kepala jantan lebih oval daripada betinanya. Sedangkan warna bulu di kepalanya, si jantan lebih terang daripada betina. Warna kehitaman keruh lebih mendominasi pada Kutilang betina.

Bulu Kepala atau Jambul

Jika diperhatikan, bulu kepala atau jambul si jantan lebih jabrik saat sedang berkicau, daripada betinanya. Sepertinya jambul ini sangat menandai emosi burung Kutilang, di mana burung jantan lebih emosional memang.

Postur Tubuh

Kutilang jantan tergolong berpostur besar dan panjang. Daripada yang betina, terlihat pendek meskipun agak bulat gemuk, terutama saat musim-musim kawin.

Dari postur tubuh ini sangat mempengaruhi bagaimana kemampuan terbang mereka, di mana Kutilang jantan lebih pandai melakukan manuver terbang saat mencari mangsa, daripada betinanya.

Suara Kicau

Untuk membedakan Kutilang jantan dan betina akurat bisa banget loh dari suara kicau Kutilang. Bunyi si jantan lebih gacor, ngalas dengan tembakan-tembakan tanpa putus karena variasi lagunya banyak. Sedangkan betinanya sering putus-putus kalau berkicau, nggak keras juga volumenya.

Kloaka

Pada bagian kloaka atau anus, burung Kutilang jantan sama dengan jenis burung lain, seperti Branjangan maupun Cucak Ijo. Yaitu anusnya lebih menonjol, daripada betinanya yang terlihat rata.

Tulang Supit Urang

Supit urang atau pubis menjadi pembeda paling penting dari jantan dan betina burung jenis apapun. Kalau pada burung jantan, supit urangnya keras dan rapat. Sedangkan pada betina justru lunak dan renggang.

Video Membedakan Kutilang Jantan dan Betina Akurat

Belum lengkap kalau kita tidak menonton bagaimana perbedaan Kutilang jantan dan betina dengan mata kepala sendiri. Nah, langsung aja yuk tonton presentasi video berikut ini:

YouTube video

Ketika kita mengucapkan nama burung Kutilang, pasti akan teringat dengan sebuah lagu anak-anak karya Ibu Sud. Tapi benarkah bunyi burung Kutilang seperti bersiul-siul sepanjang hari? Yuk dengarkan aja koleksi suara burung kutilang di sini. Teman-teman juga bisa mendownloadnya, ya!