Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Akurat

Membedakan Lovebird jantan dan betina akurat tidaklah sulit, terutama bagi mereka yang sudah lama malang-melintang di dunia hobi burung ini.

Lovebird adalah burung berbulu warna-warni asal Afrika. Spesies Agapornis ini sejak dulu menjadi incaran para kolektor karena  keindahan tubuhnya dan terdengar manis kicaunya. Saking merdunya berkicau, Lovebird sering dipakai untuk memaster suara burung lainnya, seperti Murai Batu.

Namun, jika masih baru menyelami dunia burung, tentu saja sulit sekali mengenali ciri fisik betina dan jantannya. Padahal pemahaman ini mutlak dimiliki, apalagi oleh mereka yang punya cita-cita ternak Lovebird.

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Lovebird Sepasang
Sumber : lovebird_breeders

Sebagaimana jenis burung lainnya, karakter Lovebird jika secara watak, maka dia sangat bermental fighter. Soalnya tugasnya memang mencari makan dan menjaga wilayah kekuasaan dari koloni burung lain.

Tapi kalau dilihat dari fisik, tentu kita akan bingung membedakan Lovebird jantan dan betina akurat. Kecuali jika sudah menemukan tanda-tanda berikut ini:

Postur Tubuh

Untuk postur tubuh jantan, umumnya ramping dan kecil. Ini sesuai dengan tugas kehidupannya di alam bebas, di mana Lovebird jantan lebih sering bergerak bepergian dari sarangnya untuk mencari makan. Tubuh kecil memudahkan pergerakannya.

Beda dengan betina Lovebird, di mana ia punya tubuh yang gemuk. Postur bongsornya ini pula yang menjadikannya lebih mudah mengerami telur di sarang. Dan secara alami, tubuh hewan yang berjenis kelamin perempuan memang cenderung lebih besar.

Bentuk Paruh

Selain ukuran tubuhnya yang besar, ternyata paruh Lovebird jantan juga lebih lancip. Tentu saja ini akan memudahkannya untuk mencari biji-bijian di alam. Biar bagaimana pun fungsi paruh lancip ini memang memudahkan buat mencopoti satu per satu biji dari bonggolnya.

Kalau kita amati, paruh Lovebird betina tampak melebar dengan tumpul ujungnya. Meskipun Lovebird betina dewasa tidak mencari makan di alam sendiri, namun paruh tumpulnya ini disinyalir untuk memudahkannya dalam memberi makan anak-anaknya.

Bentangan Sayap

Kalau urusan bentangan sayap, umumnya jantan berukuran besar dengan ujung menyilang dan tumpang tindih. Ini membuatnya bisa bergerak terbang secara lebih cepat dan leluasa.

Kondisi sayap betina yang sempit juga menjadi ciri yang memudahkan dalam membedakan Lovebird jantan dan betina akurat.

Bentuk Ekor

Ekor Lovebird jantan tampak runcing. Tentu ini disesuaikan dengan posturnya yang memang ramping. Memberikan efek tubuh yang lebih berkarisma dan jagoan. Beda dengan ekor betina yang malah justru terkesan mengembang.

Lingkar Katup Mata

Katup mata Lovebird jantan berbentuk lonjong atau oval seperti telur. Meskipun ini akan sulit diamati kalau kita tidak memegang tubuh Lovebird dengan baik untuk melihatnya secara jeli. Sedangkan betinanya terlihat lebih bundar klep matanya ini.

Lubang Hidung

Entah kenapa, bagian tubuh Lovebird jantan memang bentuknya oval-oval semua. Termasuk lubang hidungnya juga oval. Kalau si betinanya, lagi-lagi tampak lebih membulat lubangnya.

Tulang Pubis

Ketika kita meraba tulang pubisnya, si jantan Lovebird memiliki area tulang pubis yang lebih sempit. Sedangkan pada betina lebih melebar dan terkesan luas. Ini dipengaruhi bentuk badan betinanya juga yang memang cenderung lebih besar.

Bentuk Anus

Sedangkan anus Agapornis jantan nampak lebih menonjol. Ini akan memudahkannya terlihat beda dari betina yang anusnya rata.

Video Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Setelah tahu teori Lovebird jantan, mari kita simak video membedakan bagaimana ciri fisik dari Lovebird jantan. Tentunya kita tidak akan bingung lagi membedakannya.

YouTube video

Untuk teman-teman yang ingin mendownload suara Lovebird yang gacor dan berdurasi panjang, silahkan cek koleksi kami di sini ya. Jangan lupa buat perdengarkan suara yang full ngekek, supaya bisa juara kalau ikut lomba kicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *