Cara Membedakan Murai Jantan dan Betina Akurat

Halo Murai Lovers, apa kalian sudah jago membedakan murai jantan dan betina akurat? Kalau belum, berarti kalian wajib belajar nih biar nggak bingung lagi. Masa sih sama burung peliharaan sendiri nggak tahu jenis kelaminnya. Gimana mau coba ternak mereka?

New Project

Beternak Murai menjadi salah satu hobi jangka panjang yang biasanya dilakukan oleh mereka yang kebetulan hobi Murai. Jadi sebelum pengin jadi breeder, biasanya sih para penghobi ini hanya asik pelihara aja dan ajak burungnya ikut lomba.

Ngomong-ngomong jenis kelamin Murai. Apa iya sih sesulit itu membedakan murai jantan dan betina akurat. Sampai-sampai kita perlu belajar teoritis gini? Ya namanya aja burung, dengan sekali melihat fisiknya aja terkadang tidak cukup buat mengenali mereka.

Perbedaan Murai Jantan dan Betina Akurat

murai jantan
murai jantan

Burung Kucica Hutan sangat populer sebagai burung kicau bermental fighter. Bisa dibilang popularitasnya bukan hangat-hangat musiman. Dia adalah tipikal burung idola sepanjang masa.

Mungkin karena varietasnya sendiri atau spesiesnya yang endemik itu beragam banget di Indonesia, mulai dari Murai Kalimantan, Murai Lampung, Murai Larwo bahkan hingga Murai Nias dan Bordan.

Cara termudah untuk membedakan murai jantan dan betina akurat itu dengan melihat ciri fisiknya, seperti di bawah ini:

Ciri Fisik Murai Jantan

Berikut adalah ciri-ciri fisik Murai, bilamana dia berjenis kelamin jantan, sob:

  • Ukuran tubuh Murai pejantan itu lebih besar
  • Warna tubuhnya sangat cerah dan mengkilat, apalagi kalau kena timpa cahaya matahari
  • Lingkar kepala yang lebar
  • Tulang pubis dan supit urangnya keras dan rapat
  • Paruh memanjang dan tebal
  • Bola mata terkesan lebih besar dan menonjol
  • Kakinya lebih terkesan kuat mencengkram dan berotot
  • Suara kicau lebih gacor
  • Variasi lagu kicaunya banyak

Ciri Fisik Murai Betina

Kalau yang betina juga gampang analisisnya, seperti ini:

  • Tubuhnya relatif lebih kecil dibandingkan betina
  • Bulu tubuhnya agak kurang cerah, seperti memudar gitu
  • Lingkar kepala yang kecil
  • Tulang pubis dan supit udangnya lentur dan renggang
  • Kicau kurang variatif dan volumenya lemah
  • Paruhnya pendek dan mungil

Jika melihat ciri-ciri yang membedakan murai jantan dan betina akurat di atas, akan terlihat sekali kalau burung ini memang mudah dikenali. Apalagi jika kita memegangnya langsung, tidak sekadar melihat.

Video Membedakan Murai Jantan dan Betina Akurat

Nggak puas kalau hanya baca teoritis aja. Buat sobat yang merasa butuh tontotan presentasi tentang gimana sih cara membedakan murai jantan betina akurat.

Langsung aja yuk tonton video yang udah dibagikan secara gratis oleh teman baik kita di bawah ini:

YouTube video

Gini guys… Mengetahui jenis kelamin burung sejak awal itu akan mempermudah dalam segala urusan. Terutama dalam pelatihan suara Murai. Kalian tahu kan kalau burung Murai itu adalah burung kicauan yang perlu dilatih agar nggak macet?

Kalau kalian udah tahu jenis kelaminnya, kalian akan mudah melatih Murai dengan suara pancingan dan masteran, loh!

Silahkan download koleksi suara Murai dari berbagai daerah di sini ya. Lumayan lah biar Murai kalian nggak sepi-sepi amat, bakalan doyan ngoceh sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan