Penghasilan Fantastis dari Ternak Murai Batu, Tembus 25 Juta

Penghasilan fantastis dari ternak murai batu, Tembus 25 Juta Apakah pembaca muraisuper.com suka jenis burung murai batu? Kalau iya, wajar memang apabila banyak pecinta burung ocehan yang menyukai murai batu. Selain memiliki karakteristik yang unik dengan ekornya yang panjang, juga memiliki kicauan yang merdu.

Tapi, tahukan sobat semua kalau memelihara murai batu memiliki peluang bisnis yang besar? Bahkan harga murai batu melonjak naik semenjak banyak orang mulai suka memelihara dan melatihnya untuk memenangkan kejuaraan burung ocehan. Nah, ini bisa menjadi peluang bagi sobat yang punya ketertarikan terhadap murai batu.

Kisah Salah Satu Pengusaha Sukses Murai Batu

Salah satu contoh peternak murai batu yang sudah sukses adalah Om Reza, seorang pegawai negeri sipil yang berasal dari Bandar Lampung. Walaupun memiliki karir yang tetap, namun ia mencoba menambah penghasilannya dengan menjadi pengusaha murai batu.Cara Memilih Murai Betina yang Bagus Untuk di Jadikan Indukan

Dan tahukan teman-teman berapa omset yang dihasilkan sebulan dari usahanya? Kurang lebih adalah 25 juta. Sungguh menggiurkan, bukan? Untuk bisa sampai ke tahap ini, Om Reza membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun, cenderung sangat singkat untuk seorang pengusaha.

Cara Memilih Murai Betina yang Bagus Untuk di Jadikan Indukan

Baca juga artikel mengenai memilih murai betina diatas

Lalu, berapa harga yang ditetapkan Om Reza untuk mendapatkan

  Trik Optimalkan Volume Suara Burung Murai Batu Dalam 2 Minggu

omset sebanyak itu? Harga yang dibanderol setiap ekornya bervariasi, tergantung kualitas dari burung tersebut. Namun, rata-rata harga per ekor yaitu pada kisaran 2,5 juta sampai 3,5 juta.

Oleh karena itu, pengalaman karir Om Reza ini bisa dijadikan motivasi bagi  pembaca muraisuper.com.

Apabila teman-teman tertarik untuk meniti karir yang sama, berikut ini adalah beberapa tips dari Om Reza untuk memberi gambaran teman-teman.

Pilihlah Indukan Jantan yang Berkualitas dan Berprestasi

Ilustrasi murai prestasi
Ilustrasi murai prestasi

Para pemburu burung, terutama mereka para kicau mania yang suka ikut lomba, pasti akan memilih dan membeli burung yang berkualitas. Nah, untuk menghasilkan burung berkualitas yang berpotensi besar untuk menang kejuaraan, tentu induknya juga harus berkualitas, terutama induk jantan.

Alasan Kenapa Anda Harus Menangkar / Ternak Burung Murai Batu

Om Reza pun juga melakukan hal yang sama. Meskipun pada saat itu hanya memiliki 8 pasang indukan murai batu, tetapi indukan jantan yang dimiliki Om Reza hampir sebagian besar berasal dari trah juara berprestasi.

Kandang untuk Murai Batu

Menurut pengalaman Om Reza, dia memasukkan setiap indukan yang ia punya ke dalam kandang berukuran 3×1,2×3 meter. Kandang terbuat dari bata merah dan dasarnya diberi tanaman hijau agar hawanya lebih dingin. Dan jangan lupa untuk membuat lubang sirkulasi agar udara dan cahaya matahari bisa masuk.

Pakan dan Perawatan Anakan Murai Batu

Untuk pakannya, sobat tidak perlu takut mahal. Karena pakan untuk murai batu diambil dari bahan-bahan alami seperti cacing, ikan cetul, dan kroto.

  Download 10 Burung Murai Gacor Cocok Untuk Pancingan

Untuk perawatannya, teman-teman juga tidak perlu takut repot, karena dari menetas sampai umur 25 hari, anakan murai batu berada dalam perawatan indukannya. Apabila belum ada yang membeli, baru anakan tersebut akan diajari makan dan minum sendiri.

Kesimpulan

Ternak Murai Batu
Sumber : Jan Harteman

Bagaimana? Apakah teman-teman sudah mantap meniti karir sebagai peternak murai batu? Pada dasarnya, setiap memulai usaha pasti membutuhkan modal dan ada risikonya. Dan memulai usaha murai batu juga tidak membutuhkan modal yang banyak, apalagi kalau sobat memang suka memelihara murai batu, pasti tidak akan terasa seperti beban. Asalkan niat dan konsiten, teman-teman pasti bisa sukses seperti Om Reza.