burung cucak ijo
Sumber IG @cpy_sufyan

Penilaian Cucak Ijo Saat Di Dalam Arena Perlombaan

Diposting pada

Tidak bisa dipungkiri kalau Cucak Ijo yang mempunyai berbagai macam variasi akan terlihat lebih menarik meskipun tidak masuk ke dalam list penilaian utama. Namun tentunya itu akan memikat perhatian tim penilai.

Untuk variasi yang sebaiknya kamu latih kepada Cucak Ijo adalah suara dari burung kecil atau yang mempunyai karakter frekuensi suara cukup tinggi. Misalnya saja, burung madu atau sering disebut juga burung kolibri, bisa juga menggunakan tengkek buto, kenari, cililin, blackthroat, hwamei dan masih banyak lagi.

cucak ijo ngentrok
Sumber IG @tuan_13sf

Sementara itu, untuk irama yang biasanya masuk ke dalam penilaian utama, harus sangat Anda perhatikan. Iramanya harus bisa dilantunkan dengan merdu. Artinya bukan suara aslinya atau bawaan ketika ia di alami liar, atau biasanya akan terdengar seperti “Cicot.. kwok kwok.. kwik kwik…”, kamu harus bisa melatih Cucak Ijo memiliki suara isian. Volumenya juga harus keras dan tebal ya, serta harus terdengar oleh telinga para juri.

Selain itu, Cucak Ijo juga sebenarnya secara kontinyu bisa menyanyikan lagunya secara menyambung atau bisa disebut ‘ngerol’. Dan jenis burung ngerol seperti Cucak Ijo juga biasanya mempunyai nafas panjang. Jadi, saat juri melantunkan lagu dan menggantinya dengan lagu lain, itu tidak akan terpotong-potong karena nafasnya.

burung cucak ijo
Sumber IG @cpy_sufyan

Perhatikan juga pergantian antar lagunya dari lagu satu ke lagu berikutnya. Haru terdengar tidak ada jeda atau rapat. Ini bisa diuntungkan, karena sudah dijelaskan sebelumnya bahwa nafas Cucak Ijo cukup panjang. Sehingga bila mendapatkan pelatihan yang tepat bisa membantu Cucak Ijo untuk selalu menjaga kerapatannya.

Untuk intonasinya juga harus bisa naik turun saat Cucak Ijo melantunkan lagunya. Idealnya untuk penilaian saat di arena perlombaan adalah tinggi ke rendah ke tinggi ke sedang ke rendah ke tinggi dan seterusnya. Jadi terdengar bergelombang namun tetap rapi, sehingga saat didengarkan tidak terdengar seperti berantakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *