7 Poin Penting Dalam Penilaian Lomba Burung

Halo teman-teman Muraisuper.com, kami yakin kalian pasti sering banget ikut lomba kicau burung, kan?

promo

Setidaknya, seminggu sekali kalian rela berpindah-pindah lokasi kompetisi, hanya buat memperebutkan hadiah yang nggak seberapa besarnya, apalagi untuk kompetisi tingkat kecamatan dan komunitas doang.

Dan tentu, tujuan kalian ikutkan burung dalam kontes burung, supaya mereka bisa dapat sertifikat, piagam dan trophy atau piala lomba burung berkicau.

Benda-benda terkait penghargaan itu seakan memiliki nilai tersendiri. Selain itu juga menjadi bukti untuk tujuan komersial.

Maksudnya, kalau kita mau menjual burungnya, pasti kita akan tunjukkan piala-piala dan sertifikat itu pada calon pemilik baru.

Tapi, kalian udah tahu belum sih bagaimana sistem penilaian dan poin lomba kicau burung? Sebenarnya gimana proses para juri menentukan pemenang? Kalau belum tahu, simak dengan saksama ulasan di bawah ini.

Standar Penilaian dan Poin Kontes Burung Kicau

Kontes burung secara umum terbagi ke dalam dua kategori besar, yaitu kontes postur dan kontes kicau.

Di dalam kontes postur yang dinilai adalah morfologi fisiknya, seperti bentuk tubuh, warna bulu dan ras.

Sedangkan dalam kontes kicau yang dinilai itu ada beberapa indikator. Secara umum, standar penilaian dan poin kontes burung kicaunya adalah sebagai berikut:

Durasi Kerja

Kacer Lomba
Kacer Lomba

Yang dimaksud dengan durasi kerja adalah lamanya burung berkicau secara terus menerus. Melagukan suara-suara andalannya. Semakin lama durasi kerjanya, misalnya hingga 80% waktu yang ditentukan panitia lomba, maka dia bakal dapat banyak poin.

Irama Lagu

Burung Terbaik Harga Mahal
Burung Terbaik Harga Mahal

Yang dimaksud dengan irama lagu adalah kicau-kicau yang dikeluarkan. Terutama kicau yang jadi suara ngalas atau aslinya.

Sejago apapun burung berkicau, dia akan tetap memiliki suara yang khas yang menjadi irama andalannya.

Isian dan Variasi Lagu

Suara Tengkek BUto
Suara Tengkek BUto

Sistem penilaian dan poin lomba kicau burung juga ditentukan oleh variasi lagu, yaitu banyaknya lagu-lagu yang bisa dimainkan.

Variasi lagu merupakan kicau-kicau tiruan yang tidak lazim dikeluarkan oleh seekor burung. Jadi misalnya Murai melagukan suara Kacer. Atau Kacer melagukan suara Mozambik.

Volume Suara

Ini adalah poin penilaian yang paling penting pula. Suara burung dinilai dari bagaimana volume atau keras lemahnya kicau.

Fisik Burung Kicau

Murai Batuu
Murai Batuu

Yang dimaksud dengan ciri fisik adalah kriteria fisik yang membuat seekor burung tampak menawan dan berbeda dari lainnya. Misalnya dalam hal keindahan bulu.

Pergerakan

Sistem penilaian dan poin lomba kicau burung juga ditentukan dari bagaimana pergerakannya. Semakin aktif bergerak, tidak mesti selalu menang. Justru akan dianggap kalah kalau terbangnya seperti burung sedang panik, bertengger ke mana-mana.

Pokoknya ada indikator-indikator khusus yang masing-masing perlombaan poinnya berbeda.

Postur Gaya

Ini adalah penilaian dan poin yang perlu dipertimbangkan pula dalam lomba kicau burung. Postur gaya mencakup bagaimana seekor burung berdiri. Dan tentang perawakannya yang seperti model atau tidak. “Sifat fotogenik” menjadi penilaian lebih tersendiri.

Itulah beberapa macam sistem penilaian dan poin lomba kicau burung. Standarnya berbeda-beda untuk tiap perlombaan. Jadi jangan lupa baca manual atau rule sebelum bertanding ya.