Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Akurat

Membedakan pleci jantan dan betina akurat mudah dilakukan, jika paham betul mengenai spesiesnya. Pleci, Burung Kacamata atau Zosterops adalah jenis burung kicau petengger yang terdiri lebih dari 80 spesies berbeda.

New Project

Burung Pleci endemik Indonesia digolongkan ke dalam spesies Zosterops palprebosus, terdiri dari 4 sub spesies.

Spesies tersebut disebut pula sebagai Pleci Biasa. Kalau teman-teman di rumah pelihara burung kacamata ini, ada kemungkinan masuk ke dalam spesies palprebosus ini.

Jenis-Jenis Burung Pleci di Indonesia

Spesies burung Pleci biasa ini menyebar di wilayah Indonesia barat, tengah hingga timur. Berikut adalah 4 sub spesies tersebut dan daerah penyebarannya:

  • Sumatera, Kalimantan dan sebagian Asia Tenggara: Zosterops palprebosus auriventer
  • Sumatera, Kalimantan & sebagian Jawa bagian barat: Zosterops palprebosus buxtoni
  • Jawa & Bali: Zosterops palprebosus melanurus
  • Sumbawa & Flores: Zosterops palprebosus unicus

Burung berbulu hijau ini punya suara yang nyaring dan kecil timbrenya. Ia sering diikutkan kontes bersama dengan burung kicau lain, seperti Kenari dan Lovebird. Ia bukan tipikal burung penyendiri. Di alam bebas, ia hidup dalam koloni besar

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Gambar pleci jantan
Gambar pleci jantan

Bagaimana caranya membedakan pleci jantan dan betina akurat? Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, terutama pada morfologi fisiknya. Kondisi tubuh antara keduanya memang berbeda.

Berikut adalah beberapa acuan yang bisa dijadikan patokan menentukan jenis kelamin:

Perilaku

Pleci jantan memiliki sifat yang fighter dan galak. Dia tampak sangat hiperaktif dan agresif dibandingkan yang betina, terkesan lebih kalem.

Suara Kicau

Kalau dari suaranya, kicau si jantan rupanya lebih gacor nih. Dia punya volume suara yang lebih keras juga. Makanya dalam perlombaan burung kicau, biasanya yang betina nggak diikutkan. Cuma jantannya aja yang kontes.

Postur dan Ukuran Tubuh

Kalau dari postur dan ukuran tubuh, ternyata si jantan lebih panjang tubuhnya daripada yang betina. Tapi kesannya jadi si jantan lebih ramping, sedangkan betinanya membulat.

Bentuk Ekor

Membedakan pleci jantan dan betina akurat juga bisa banget dari bentuk ekor, loh! Si betina ekornya tumpul, sedangkan jantannya malah lancip.

Lingkar Kepala

Nah, kalau soal ukuran lingkaran kepala tentu saja jantan lebih besar daripada betinanya. Ini karena efek tulang pleci jantan kan memang besar, kepalanya juga besar.

Klep Mata

Katup mata juga bisa menjadi tanda khas dari jantan dan betina pleci. Kalau jantan klep atau katup matanya ini lebih tipis, daripada betinanya yang tebal.

Warna Bulu

Entah kenapa kebanyakan burung jantan punya tubuh lebih cerah daripada betinanya. Mungkin karena si jantan sering berjemur matahari kali ya saat mencari makan. Sedangkan betinanya selalu di sarang sehingga bulunya berwarna pucat. Sama seperti pleci juga demikian.

Video Membedakan Pleci Jantan dan Betina Akurat

Nah, kalau teman-teman pengin lebih jelas dalam membedakan pleci jantan dan betina akurat, mending tonton dulu video keren di bawah ini.

YouTube video

Penjelasan melalui video di atas seharusnya sudah bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai perbedaan jantan dan betina burung Zosterops ini.

Teman-teman juga bisa download suara Pleci agar lebih paham mana suara yang betina dan mana yang jantan. Soalnya dari suara kan juga bisa diamati.

Tinggalkan Balasan