Sarang Burung Kacer Asli di Alam Bebas

Sarang Burung Kacer yang asli di alam, seperti apa ya bentuknya? Ada yang pernah melihatnya?

Suara Burung Jos

Buat yang menjawab “mirip sama sarang burung Murai”, ini ada benarnya juga karena sama-sama bersarang di lubang pohon.

Tapi bedanya, biasanya Kacer memilih lubang pohon yang sudah mati dan tidak mesti terletak di kawasan hutan. Di daerah pemukiman warga pun memungkinkan ditemukan sarang Kacer, khususnya di daerah dengan banyak pohon kelapa.

Biasanya Kacer memang memilih pohon kelapa sebagai tempat tinggalnya. Pohon yang sudah mati dipilihnya karena kerap lapuk dan jadi ada rekahannya.

Burung yang dijuluki Kucica Kampung ini dulunya dianggap satu keluarga dengan Murai, yaitu family Turdidae, namun kini sudah digolongkan dalam family tersendiri, yaitu family Muscicapidae. Ia ditemukan menyebar mulai dari Asia Tenggara hingga Asia Selatan.

Warna dasar burung Kacer adalah hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Tubuhnya tampak lebih membuntal daripada Murai Batu. Oleh masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur kerap dinamai burung Srintil pula karena memiliki kemampuan terbang cepat.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sarang Burung Kacer biasanya ditemukan di pepohonan yang telah mati, khususnya pohon kelapa. Habitatnya memang kerap berdekatan dengan perumahan penduduk. Inilah kenapa Kacer juga kerap jadi sasaran berburu. Yang mana jika tidak diimbangi prinsip kelestarian, menjadi terancam punah.

Langkanya burung Kacer di alam membuat banyak bermunculan penangkaran. Apalagi Kacer juga menjadi salah satu burung idola untuk kontes kicau. Penjualan Kacer tergolong bagus, sebagus Murai Batu.

Nah, kembali lagi ke Sarang burung Kacer, apa ada yang sudah pernah melihatnya? Kira-kira di dalam lubang pohon yang lapuk itu ada ranting-ranting dan dedaunan kering yang membulat itu juga nggak, ya?

Ya sama saja dengan sarang burung lain, yang membuat sarang Kacer adalah betinanya. Sedangkan sang jantan hanya fokus mencari makan dan melindungi wilayah kekuasaaan dari penyerangan dan pendudukan oleh burung lain.

Sarang burung Kacer juga bisa ditemukan di pohon pisang, randu atau jati yang telah lapuk. Ya pokoknya kalau ada pohon mati yang masih berdiri kokoh, namun sudah mati. Inilah yang biasanya dipilih oleh Kacer.

Mau tahu seperti apa gambar sarang kacer? Berikut sudah kami siapkan khusus untuk teman-teman Muraisuper.com, silahkan diamati, kira-kira beda nggak nih sama sarang Murai?

Sarang Burung kacer
Sarang Burung kacer
gambar sarang kacer di penangkaran
gambar sarang kacer di penangkaran

Nah, kalau yang belum puas melihat gambarnya doang, kami juga sudah siapkan video buat ditonton, seperti di bawah ini:

YouTube video

Siapa tahu ini bisa menambah pengetahuan tentang cara berburu Kacer di alam. Tapi ingat ya, guys! Sebaiknya kalau berburu jangan mengambil yang sudah kawin dan punya anak. Buru saja para Kacer yang single, biar tetap lestari si Kucica Kampung ini.