Cara Membedakan Burung Trucuk Jantan dan Betina Akurat

Di dunia internasional, burung Trucuk dikenal dengan nama Yellow-vented Bulbul. Sebagaimana kebanyakan Bulbul, untuk membedakan Trucuk jantan dan betina akurat juga membutuhkan pengamatan yang jeli.

Suara Burung Jos

Burung Trucuk, Terucuk, Merbah Cerukcuk, Jogjog, Cerocokan, Trucukan atau Pycnonotus goiavier adalah spesies burung pengicau berukuran tubuh sedang, sekitar 20 cm-an.

Penelitian terhadap spesimen Trucukan menunjukkan kalau burung ini suka makan aneka macam jenis. Mulai dari buah-buahan, seperti pepaya dan ara. Hingga biji-bijian, seperti lada bahkan dimakan. Tapi ia juga bisa memakan hewan seperti cacing tanah, cicak, nyamuk dan belalang.

Perbedaan Burung Trucuk Jantan dan Betina

trucukan
trucukan

Untuk membedakan Trucuk jantan dan betina bisa melihat dari ciri-ciri fisiknya. Berbagai tanda di tubuh, seperti warna bulu bisa menjadi acuan mengetahui jenis kelaminnya.

Analisis ciri fisik ini menjadi penanda utama yang mudah diamati sejak burung ini masih trotolan sekalipun. Namun hasilnya akan lebih mudah didapatkan bila burung sudah dewasa.

Ciri-Ciri Burung Trucuk Jantan

Berikut hal-hal yang harus diamati jika burung trucuknya berjenis kelamin laki-laki:

  • Bulu di kepala akan berdiri seperti jambul, apalagi saat sedang menunjukkan kejantanannya
  • Terdapat bulu tipis di belakang kepala, mulai tumbuh mulai usia 2 bulanan
  • Ada bulu lingkaran hitam pada kelopak mata yang terlihat pekat
  • Jika diamati dengan baik, bulu telinga Trucuk jantan ternyata sangat panjang-panjang sehingga menimbulkan kesan telinga menjorok keluar

Ciri-Ciri Burung Trucuk Betina

Amati pula bahwa bila Cerukcuk betina akan memiliki tanda dan ciri-ciri berikut ini:

  • Bulu di kepala tidak berdiri seperti jambul, sehingga kepala betina Trucukan itu terlihat flat
  • Tidak ada bulu halus tipis di belakang kepalanya
  • Lingkaran mata panda di kelopak matanya tidak solid warnanya, jadi agak memudar
  • Telinganya tidak tertutup oleh bulu tebal, sehingga tak terlalu menonjol

Video Membedakan Trucuk Jantan dan Betina Akurat

Agar lebih puas dalam menganalisis perbedaan Trucuk jantan dan betina, silahkan tonton pula video menarik di bawah ini, ya:

YouTube video

Dapat disimpulkan bahwa burung Trucuk meskipun memiliki sifat monomorfik, tetap saja ada perbedaan di antara yang jantan dan betina.

Teman-teman yang ingin melatih suara kicau Trucuk bisa download koleksi rekaman MP3 suara burung Terucukan. Melatih suara mereka juga akan sangat membantu para breeder dan kolektor dalam menganalisis perbedaan jantan dan betina dari segi kicauan.

Tinggalkan Balasan